View Single Post
Old 2nd June 2015, 08:11 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pembangunan Tol Bocimi Angkat Ekonomi Jabar

Quote:
JAKARTA – Pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) terus digeber. PT Trans-Jabar dan PT Posco E & C Indonesia telah menandatangani perjanjian kerjasama senilai Rp1,305 triliun.

Penandatanganan tersebut adalah realisasi percepatan pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi. Seperti diketahui, sebelum dikelola oleh PT Trans-Jabar, ruas tol tersebut telah tiga kali berpindah tangan dan mangkrak selama 17 tahun. Hingga akhirnya tol ini mulai digeber pembangunannya saat diambil alih oleh Trans-Jabar.

“Kami ambil alih dan langsung kami jalankan. Kami punya komitmen untuk ini supaya cepat selesai. Seksi pertama sekitar 15 kilometer dari Ciawi sampai Cigombong,” kata CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) yang menghadiri penandatanganan perjanjian kerjasama yang berlangsung di Jakarta, Senin (1/6/2015).

HT menuturkan, pembangunan ruas tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Baik saat dibangun dengan menyerap tenaga kerja dan setelah dibangun yang akan mempermudah transportasi.

“Ke mana-mana akan jadi lebih cepat, lebih murah untuk transportasi. Kemudian ekonomi di sekitar sana juga dapat bertumbuh dengan baik. Jadi banyak sekali manfaat yang bisa diterima masyarakat di sekitar situ,” kata HT.

Sebagai gambaran, waktu tempuh sekira empat sampai lima jam akan menjadi 1,5 sampai dua jam.

Pembangunan ruas tol tersebut akan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat. Usaha-usaha akan bertumbuh, biaya distribusi dan transportasi menjadi murah. Selain itu, potensi daerah bisa berkembang dengan maksimal.

“Potensi daerah akan berkembang, ini sangat positif bagi masyarakat Jawa Barat. Di sana masih banyak masyarakat kurang mampu, pembangunan ruas tol akan meningkatkan perekonomian di sana,” kata HT.

Seperti diketahui, di kawasan yang dilintasi oleh ruas ini di antaranya kawasan industri dan kawasan ekowisata karena Bogor dan Sukabumi memiliki industri agrobisnis.

Penandatanganan ruas tol tersebut dilakukan oleh Darma Putra, Direktur Utama Trans-Jabar Tol dan Presiden Direktur PT Posco E & C Indonesia Park Han Su.

Perjanjian kerjasama tersebut merupakan salah satu dari realisasi rencana pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi pada seksi I, yaitu Paket 2 (dua) ruas Ciherang Pondok – Pasirjaya sepanjang 5,45 km dan Paket 3 (tiga) ruas Pasirjaya-Cigombong sepanjang 4,30 km, dengan total panjang mencapai 9,75 km.

Rencana Jalan Tol Ciawi – Sukabumi merupakan kelanjutan dari jalan tol Jagorawi yang ada saat ini, dan merupakan bagian dari rencana program jangka pendek prioritas tinggi, yang akan menjadi salah satu tol penghubung antara Jakarta – Sukabumi yang strategis bagi pengembangan wilayah Jawa Barat bagian Selatan.

Seperti diketahui PT Trans-Jabar tol adalah pemegang konsesi ruas jalan tol Ciawi – Sukabumi sepanjang 54 Kilometer dengan masa konsesi 45 tahun, yang terdiri dari 4 (empat) seksi yaitu; Seksi I Ciawi – Cigombong (15,35 km). Seksi II Cigombong – Cibadak (11,90 km). Seksi III Cibadak – Sukabumi Barat (13,70 km). Seksi IV Sukabumi Barat – Sukabumi Timur (13,05 km).
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links