View Single Post
Old 5th June 2015, 08:39 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Rupiah Jeblok ke Rp13.305, Buntut Panjang Rezim Devisa Bebas

Quote:
JAKARTA - Rezim devisa bebas di Indonesia disebut membuat Rupiah rentan terhadap gejolak. Hal ini berakibat, sulitnya pemerintah dalam mengatasi pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pengamat pasar uang Farial Anwar mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 24 tahun 2009 tentang lalu lintas devisa, Indonesia termasuk salah satu negara dengan regulasi devisa yang paling bebas di dunia. Oleh sebab itu, akan sulit melakukan stabilisasi terhadap nilai tukar Rupiah.

"Sepertinya kita cuma bisa pasrah saja, ujar Farial kepada Okezone, Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Seperti yang diketahui, nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS saat ini terus mengalami pelemahan. Bahkan, sore tadi, pergerakan Rupiah sempat menembus level Rp13.300 per USD.

Farial menyatakan, dengan menganut rezim devisa bebas, membuat stabilitas sulit terjaga. Sebab, devisa dapat keluar masuk dalam sistem perbankan atau perekonomian meskipun devisa tersebut hasil ekspor dalam negeri.

"Kalau tetap mempertahankan undang-undang itu jadi masalah besar. Bertahun-tahun kita gunakan ini jungkir balik terus enggak ada kepastian," kata dia.

Oleh sebab itu, dia menyarankan agar pemerintah meniru negara Thailand yang menggunakan holding period. Holding period sendiri adalah aturan tentang lamanya uang investor yang ditahan di dalam negeri, sehingga investor tidak bebas menarik uangnya jika sudah karena ada jangka waktu minimal uang tersebut diinvestasikan negara lain ada.

"Kalau enggak ada keberanian memperbaiki dan selalu membenarkan bahwa Rupiah masih aman ya akan sulit," jelas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links