View Single Post
Old 7th June 2015, 09:07 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dana Mudik dan Lebaran Harus Direncanakan

Quote:
JAKARTA - Mudik menjadi agenda rutin masyarakat yang akan menggelar lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Sehingga, kebutuhan mudik harus dipersiapkan secara matang maupun berkala agar tak mengganggu keuangan pribadi.
Perencana Keuangan dari Cerdas Keuangan Indonesia M. Andoko mengatakan, kebutuhan mudik seharusnya sudah diprediksi setiap tahun. Hal tersebut agar dapat dikalkulasikan secara baik dalam perencanaan keuangan.

"Sudah historikal dia sudah pasti tahu biaya naik kereta,pesawat atau membawa mobil sendiri,seharusnya dia budgeting dulu apa saja yang harus dikeluarkan. Dari mulai kebutuhan untuk beli tiket,oleh-oleh,dan lainnya itu di total serta dibagi enam atau 12 bulan dipersiapkan jelang mudik," ujar Andoko kepada Okezone belum lama ini.

Andoko mengungkapkan, sebaiknya menyisihkan 50 hingga 75 persen untuk pemenuhan kebutuhan lebaran. Namun, sekira 10 persen untuk mempersiapkan kebutuhan mudik.

"Kadang kala presentase tidak dapat menjadi gambaran, sehingga sebelumnya harus akumulasikan semua modal mudiknya berapa. Kebutuhan terburuk untuk konsumsi lebaran termasuk mudik 90 persen, tetapi bisa sisihkan 10-20 persen dari gaji disesuaikan dengan besaran gajinya juga," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links