View Single Post
Old 7th June 2015, 09:08 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lima Kebiasaan Fatal yang Bahayakan Keuangan

Quote:
JAKARTA - Menjaga keuangan sebenarnya bukanlah sesuatu yang cukup sulit, asalkan Anda tidak masuk dalam jurang yang berbahaya. Anda hanya perlu memastikan kondisi keuangan Anda membaik.

Salah satunya dengan memastikan Anda tidak melakukan beberapa kebiasaan buruk seperti yang dilansir dalam artikel berjudul 5 Bad Money Habits You Need to Quit ASAP oleh Pakar Keuangan Paula Pant, Minggu (7/6/2015).

1. Pembelian impulsif

Pembelian yang berdasarkan hasrat atau hati (impulsif) berkaitan dengan emosi. Jika Anda melihat barang yang dijual, secara otomatis Anda tidak ingin melewatkan barang tersebut untuk dimiliki. Padahal bisa jadi Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

Untuk mengekang pengeluaran impulsif, Anda perlu memaksa diri untuk menunggu jangka waktu tertentu (bisa satu hari atau 30 hari) sebelum mengambil keputusan melakukan pembelian. Ini akan memberi Anda waktu untuk benar-benar berpikir tentang keputusan Anda, dan kemungkinan Anda akan menyadari bahwa Anda tidak benar-benar membutuhkannya setelah melakukan proses pemikiran tersebut.

2. Tidak melakukan penganggaran

Anda tidak akan pernah bertahan secara finansial jika Anda tidak memiliki anggaran dan tahu bagaimana menaatinya. Memiliki anggaran memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak uang yang Anda dapatkan dan ke mana uang-uang itu akan pergi.

3. Mengandalkan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit adalah salah satu hal terburuk, terutama jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat utama pembayaran. Setiap Rupiah yang Anda keluarkan dari kartu kredit akan dikenakan biaya yang cukup besar karena adanya biaya bunga. Anda juga dapat menghabiskan beberapa tahun hidup Anda hanya untuk membayar tagihan tersebut jika adanya ketidakmampuan dalam melunasi utang dari kartu tersebut.

4. Menyukai kenyamanan

Membeli makanan cepat saji mungkin sesuatu yang mudah dan nyaman bagi sebagian orang. Akan tetapi, jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus akan membuat Anda menjadi malas dan otomatis menambah pengeluaran.

5. Keburukan pribadi

Keburukan pribadi ini mencakup makan terlalu banyak, gila belanja, atau kejahatan lainnya yang menggoda Anda untuk menghabiskan uang dalam jumlah besar. Cobalah keluar dari kebiasaan buruk tersebut untuk menyelamatkan isi dompet Anda sekaligus membuat Anda lebih bahagia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links