View Single Post
Old 7th June 2015, 09:12 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Plus Minus Investasi Bermodal Pinjaman Bank

Quote:
SAYA ingin meminjam sejumlah dana di bank untuk renovasi rumah sekira Rp150 juta. Pertanyaan saya, apakah dana tersebut saya habiskan untuk renovasi semua (karena renovasi sebenarnya Rp50 juta bisa, tapi jika dihabiskan semua akan lebih maksimal renovasinya). Atau saya sisihkan untuk investasi.

Terima kasih



Kertiyasa



Jawab:



Hai Kertiyasa,



Telah memiliki kesadaran untuk berinvestasi adalah hal yang baik. Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah sumber dana yang Anda gunakan untuk berinvestasi maupun merenovasi rumah Anda sendiri yaitu dengan meminjam dana di Bank. Dengan memilih langkah untuk meminjam uang di bank, Anda pun harus sudah tahu kewajiban dan risiko apa yang terkait dari pinjaman Anda ini. Ada dua hal yang dapat membantu Anda untuk menjawab pertanyaan ini:

Pertama, sudah pasti bahwa risiko utama dari berutang adalah ketidakmampuan Anda untuk membayarnya kembali. Sehingga, ketika meminjam pastikan Anda bisa mendapatkan uang untuk melakukan pelunasan. Karena kredit yang Anda ambil ini masih tergolong sebagai kredit konsumtif, pastikan jumlah dari pinjaman masih di bawah 30 persen dari pengeluaran bulanan.

Jika pinjaman Rp150 juta telah melebihi kuota 30 persen, alangkah baiknya beberapa uang tersebut dikembalikan agar nantinya ada tidak diberatkan dalam hal pembayaran hutang. Dari kuota tersebut, fokuskan dulu sepenuhnya untuk renovasi rumah karena hal tersebut merupakan tujuan utama Anda meminjam uang.

Kedua, dalam perihal menyisihkan uang tersebut untuk investasi, Anda perlu memahami bahwa pada investasi, memang terdapat kemungkinan bahwa Anda akan mendapat keuntungan tetapi ada pula risiko-risiko yang perlu Anda tanggung sehingga pemasukan yang Anda dapatkan belum pasti. Keadaan yang tidak bisa dipastikan ini bisa lebih menyulitkan Anda lagi dalam pelunasan utang.

Idealnya pula, Anda baru bisa masuk ke investasi jika keuangan Anda telah “sehat”, dimana rasio utang dan rasio cicilan kurang dari 30 persen, Anda telah memiliki dana untuk biaya darurat yaitu sebanyak 12 kali dari pengeluaran bulanan jika Anda sudah berkeluarga dan rasio biaya terhadapat pendapatan kurang dari satu.

Menimbang poin-poin ini sebenarnya sangat disarankan untuk tidak menyisihkan uang tersebut untuk investasi. Fokus kembali pada tujuan Anda meminjam dan pahami kondisi keuangan Anda.

Semoga bermanfaat

Mega Tiarasari, CFP. MSc


PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links