View Single Post
Old 8th June 2015, 11:18 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2444
Posts: 442
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Mengenal Penyakit Hernia Lebih Dalam

Mengenal Penyakit Hernia Lebih Dalam Mungkin banyak di antara kita yang pernah mendengar istilah penyakit hernia. Namun kebanyakan pasti mengartikannya berdasarkan kasus perkasus atau arti yang sempit. Sebagai contoh pada kasus dimana terdapat pembesaran pada scrotum (kantung buah zakar) aibat turunnya usus, maka dalam kondisi seperti ini dokter biasanya dengan singkat menyebutnya sebagai penyakit hernia atau dalam bahasa awamnya adalah turun berok.
Memang tidak salah menyebut turun berok sebagai penyakit hernia, Namun tahukah anda penyakit hernia itu ternyata tidak sebatas itu saja, tapi banyak macamnya, tergantung pada bagian mana terjadunya dan organ apa yang terlibat. Turun berok adalah salah satu jenis penyakit hernia atau lebih tepatnya disebut hernia inguinalis.

Apa Atuh Penyakit Hernia Itu ??

Hernia adalah pembukaan atau kelemahan pada dinding otot, jaringan, atau membran yang biasanya menopang atau menjadi dinding pembatas bersandarnya organ-organ di dalam ruangan yang dibentuknya. Jika pembukaan atau kelemahan terjadi cukup besar, maka sebagian organ akan dapat melewatinya (keluar atau bocor) melalui lubang atau celah yang terbentuk. Bayangkan ban dalam yang menyembul keluar melalui lubang terbentuk pada ban luar, seperti itulah gambaran penyakit hernia.
Penyebab
Pada umumnya penyakit hernia disebabkan oleh kombinasi dari tekanan dan pembukaan, kelemahan otot atau fasia. tekanan akan mendorong suatu organ atau jaringan yang melewati pembukaan atau titik lemah yang ada. Namun, terkadang kelemahan otot atau titik lemah telah ada sejak lahir, tapi lebih sering terjadi dikemudian hari. Berikut penyebab peningkatan tekanan dalam perut berpotensi yang menyebabkan hernia :
  • Mengangkat benda berat tanpa menstabilkan otot-otot perut.
  • Batuk dan bersin yang berlangsung lama.
  • Diare atau sembelit
  • Obesitas, gizi buruk, dan merokok yang semanya dapat melemahkan otot dan lebih memungkinkan terjadinya penyakit hernia.
Gejala
Terasa mual pada daerah terjadinya penyakit hernia, nyeri yang keras, adanya tonjolan pada bagian lokasi penyakit hernia, terjadinya gelembung pristal yang mudah di dengar, bila otot-otot sudah mengendor maka tonjolan akan mulai menghilang. kadang-kadang perut kembung di sertai mual dan muntah.
Itulah penjelasan dalam untuk penyakit hernia, jangan pernah anda sepelekan penyakit yang satu ini karena kalo anda diamkan, maka penyakit ini akan semakin parah bahkan akan menimbulkan penyakit yang sangat seriun, untuk informasi lengkap tentang penyakit hernia anda bisa kunjungi www.obatpenyakithernia.org.
__________________
Obat Diabetes Kering
hanifmaulana09 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links