View Single Post
Old 9th June 2015, 08:24 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 5 Hal Penting untuk Kondisi Keuangan Anda

Quote:
ANDA yakin paham dengan kondisi keuangan Anda? Tunggu dulu. Kebanyakan orang memang mengaku paham dan bisa mengontrol kondisi keuangan mereka. Faktanya, mereka tidak tahu apa-apa. Anda dianggap paham dengan kondisi keuangan jika bisa mengidentifikasi lima hal berikut tentang keuangan Anda.

1. Penghasilan Bulanan

Orang awam akan berfikir bahwa penghasilan bulanan adalah gaji yang dibayarkan perusahaan atau bos Anda tiap bulan. Salah besar. Penghasilan bulanan adalah penghasilan kotor Anda setelah dikurang pajak yang harus Anda bayarkan, tagihan kredit dan kewajiban keuangan Anda lainnya seperti membayar angsuran rumah, kendaraan, dan pengeluaran pokok per bulan untuk membeli kebutuhan hidup. Penting bagi Anda mengetahui betul penghasilan bulanan untuk membuat perencanaan keuangan yang tepat sasaran.
2. Biaya Bulanan

Anda sudah tahu betul posisi penghasilan bulanan Anda yang sebenarnya dan membuat perencanaan keuangan? Tentu tidak akan sulit menghitung seberapa besar pengeluaran total Anda per bulan. Jika Anda tidak tahu persis berapa total pengeluaran tiap bulan, maka coba luangkan waktu dalam sebulan untuk mencatat setiap detail pengeluaran yang Anda buat.

Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui pos-pos belanja mana saja yang ternyata overspending. Selanjutnya, Anda bisa membuat rencana pengeluaran yang lebih bijak. Tanpa melakukan identifikasi terhadap pengeluaran, maka Anda tidak bisa mengontrol pengeluaran dan tidak tahu berapa sebenarnya kemampuan keuangan Anda dalam melakukan pembelian barang-barang tertentu.

3. Kekayaan Bersih

Apa itu kekayaan bersih atau net worth? Kekayaan bersih pada dasarnya adalah perbedaan jumlah aset yang Anda miliki dengan jumlah utang. Aset tersebut dapat berupa rumah, tanah, bangunan, mobil ataupun barang-barang berharga lainnya. Dengan mengetahui kekayaan bersih, maka Anda mengetahui kondisi singkat keuangan Anda.

Jika rasio antara kekayaan dibandingkan utang Anda positif, maka Anda bisa menyandarkan punggung dengan santai. Jika rasionya negatif, maka Anda perlu menganalisis masalah keuangan tersebut. Segera rencanakan perubahan kondisi keuangan Anda dan ubah rasionya menjadi positif.

4. Debt-to-Income Ratio

Jika kekayaan bersih adalah perbandingan aset dan utang, maka debt to ratio income adalah jumlah utang dibandingkan dengan jumlah pendapatan Anda tiap bulan. Langkah pertama untuk mengetahuinya adalah memeriksa laporan kredit per tahun. Setelah Anda memeriksa laporan kredit tahunan, Anda dapat memantau perubahan laporan kredit Anda setiap bulan dengan mendapatkan ringkasan laporan kredit gratis di Credit.com.

Hitunglah utang bulanan Anda dan kemudian membaginya dengan pendapatan kotor bulanan Anda (sebelum pajak dan pemotongan lainnya). Hasilnya, semakin rendah angka rasionya maka kondisi keuangan Anda semakin baik. Idealnya, rasio debt to income ini dibawah 35 persen.

5. Pendapatan yang Diinvestasikan

Anda mungkin tahu jumlah uang dalam rekening tabungan Anda, tapi berapakah jumlah pendapatan investasi yang Anda peroleh?. Tanyakan pada diri Anda apakah uang yang disimpan di bank menghasilkan jumlah tambahan pendapatan tertentu? Jika tidak, maka Anda harus menghitungnya. Selain perhitungan dari jumlah tabungan, hitung pula berapa premi asuransi yang Anda dapatkan atau pembelian atas produk financial tertentu. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi di bidang finansial, Anda tentunya perlu mempertimbangkan instrument investasi yang tepat.

Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links