View Single Post
Old 11th June 2015, 08:32 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Rute Tol Merak Hingga Brebes Siap Sambut Mudik 2015

Quote:
JAKARTA - Mudik Lebaran 2015 kali ini sangat jauh berbeda dengan mudik Lebaran di tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya di sektor infrastruktur jalan.
Biasanya, pemerintah menitik beratkan fokus jalan di sepanjang jalur Pantura (pantai utara), kali ini pemerintah fokus menyambungkan berbagai seksi tol yang masuk dalam rangkaian Tol Trans Jawa.

Untuk mudik 2015 kali ini, setidaknya pemerintah telah berhasil menyambungkan Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai Brebes Timur. Hal itu juga memberikan manfaat dan alternatif bagi para pemudik.

Awal mulai perubahan mudik 2015 terjadi karena paket pengerjaan ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang sudah hampir rampung, yang sampai saat ini hanya tinggal pemasangan marka atau rambu lalu lintas, serta penyelesaian pembangunan rest area atau tempat peristirahatan.

Tol yang memiliki panjang 116 kilometer (km) ini pun sangat dihandalkan oleh pemerintah untuk mengalihkan beban arus mudik pada jalur pantura. Hal tersebut pun berhasil lantaran target pembangunan Tol Cipali yang dijadwalkan selesai pada Agustus beberapa tahun ke depan dimajukan rampung sebelum Lebaran 2015.

"Merak sampai Brebes sudah tol to tol," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat Berkunjung ke MNC Media, Jakarta.

Setelah Cipali, ruas tol yang selanjutnya berperan dalam arus mudik 2015 adalah, rute Kanci-Pejagan. Rute tersebut jauh lebih dahulu selesai pengerjaannya dibandingkan dengan Cipali.

Setelah Kanci-Pejagan, pemerintah menyiapkan pula ruas Pejagan-Pemalang yang kira-kira memiliki panjang 20 km. Uniknya, ruas Pejagan-Pemalang milik Waskita Karya group ini hanya agregat saja atau fisik jalannya itu satu lapis sebelum aspal atau hanya krikil yang dipadatkan dan disemprot dengan emulsion aspal.

Kondisi ruas Pejagan-Pemalang sendiri sampai saat ini masih hamparan tanah dan beberapa jembatan hanya baru sampai tahap pembangunan pondasi. Meski begitu, Basuki mengungkapkan, ruas tol Trans Jawa itu sudah aman untuk digunakan saat arus mudik Lebaran 2015.

"Cikopo-Brebes Timur bisa kita lalui ini untuk mudik ini," ujarnya.

Untuk arus mudik Lebaran 2015 di Pulau Sumatera, Basuki menuturkan, jalur yang paling siap adalah Jalan Lintas Timur (Jalintim). "Ritual mudik dari Aceh sampai Lampung dengan Jalintim (jalan lintas Timur) yang paling siap, kalau Barat agak berat, yang tengah belum fungsional penuh, yang paling siap Jalintim," kata Basuki.

Untuk Pulau Kalimanan, Basuki menyebutkan sudah siap semua, lantaran banyak beberapa ruas jalan yang sudah berhasil tersambung.

"Lintas Kalimantan Selatan sudah funsional dari pangkalan bun sudah tersambung, tinggal jembatan Tayan, tapi Agustus selesai, Sulawesi lebih cukup lagi," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links