View Single Post
Old 12th June 2015, 08:39 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tol Cipali, Dibangun Era SBY dan Diresmikan Jokowi

Quote:
JAKARTA - Untuk mengurai kemacetan menjelang arus mudik Lebaran, pemerintah siap mengoperasikan tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Selain mengurangi kemacetan, jalan tol tersebut juga untuk mengurangi beban jalan Pantai Utara (Pantura).
Jalan Tol Cipali yang merupakan bagian dari program pembangunan jalan tol Trans Jawa yang ditargetkan beroperasi Juni 2015. Lantas, fakta-fakta apa saja mengenai jalan Tol Cipali tersebut. Berikut uraiannya seperti dikutip Setkab, Jumat (12/6/2015),

1. Pembangunan hampir empat tahun.

Pembangunan Tol Cipali dimulai pada 8 Desember 2011 pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jalan tol tersebut memiliki masa konsesi selama 35 tahun. Rencananya, Presiden Jokowi akan meresmikan tol tersebut pada Senin 15 Juni, atau setelah menikahkan putranya Gibran dengan Selvi.

2. Biaya Pembangunan Cipali

Berdasarkan data Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), biaya investasi untuk pembangunan ruas tol yang dioperatori oleh PT Lintas Marga Sedaya (LMS) itu mencapai Rp12,5 triliun dan biaya konstruksi Rp7,7 triliun. Totalnya mencapai Rp20,2 triliun.

3. Daya tampung Tol Cipali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis, jalur tol dapat memecah kepadatan di Pantura, yang diperkirakan mencapai 200 ribu kendaraan per hari saat arus mudik. Sementara ruas Tol Cipali ini mampu menampung sekira 25 ribu kendaraan per hari.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links