View Single Post
Old 13th June 2015, 09:35 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Quote:
SAYA seorang ayah dari dua orang anak berusia lima dan dua tahun. Mereka sudah memiliki tabungan pendidikan yang saya buka di bank sejak mereka berusia tiga bulan. Pertanyaan saya, tahun depan anak pertama saya akan masuk SD, apakah saya harus mencairkan tabungan pendidikan tersebut, atau tidak usah dan lebih baik mengusahakan menabung sendiri untuk persiapan SD tersebut?

Terima kasih



Agus



Jawab:

Hai Agus,

Langkah yang diambil untuk membuat tabungan pendidikan sedini mungkin sudah sangat baik. Mengingat anak pertama anda akan masuk SD dalam jangka waktu yang pendek, yaitu tahun depan, ada baiknya jika anda mencairkan tabungannya saja terlebih dahulu.

Untuk langkah selanjutnya dalam mempersiapkan tabungan pendidikan anak anda, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memastikan kebutuhan pendidikan anak terpenuhi:

Pertama, tentukan dimana anda akan menyekolahkan anak anda, mulai dari SD sampai SMA ataupun perguruan tinggi. Cari informasi biaya masuk atau uang pangkal dari masing-masing sekolah dengan asumsi terdapat kenaikan 10 persen tiap tahunnya. Selain uang pangkal, masukkan juga nilai uang SPP, uang buku dan juga jika mau, uang ekstrakulikuler.

Kedua, sisihkan pendapatan anda secara disiplin untuk dana pendidikan anak, setidaknya sekitar 20 persen pendapatan. Perhatikan pula tempat atau media untuk menempatkan dana tersebut. Dengan menaruh di tempat yang tepat, anda pun dapat memaksimalkan usaha menabung anda. Pilihannya tidak hanya dengan tabungan biasa di bank, anda bisa menggunakan tabungan pendidikan anak, asuransi pendidikan, deposito, dan masih banyak lagi.

Ketiga, jangan lupa untuk mengevaluasi persiapan dana ini minimal setahun sekali. Evaluasi ini perlu dilakukan karena kemungkinan terdapat perubahan suku bunga tempat anda menabung atau pada asumsi yang telah anda buat.

Semoga bermanfaat

Mega Tiarasari, CFP. MSc


PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links