View Single Post
Old 15th June 2015, 08:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Karikatur Online, Omzetnya Capai Puluhan Juta

Quote:
JAKARTA - Kecintaannya kepada seni menggambar ternyata dapat membuka peluang bisnis. Basis pendidikan seni rupa pun dapat menjadi motivasi berwirausaha.

Adalah Anisa P Simatupang, yang telah menggeluti bisnis pembuatan karikatur sejak di bangku kuliah. Dia cukup berhasil mengembangkan bisnisnya, bermodalkan pemasaran melalui sosial media, menjadikan bisnis karikaturnya telah dikenal di media sosial.

"Awalnya dari mulut ke mulut, semenjak ada sosmed merambah ke sosial media (sosmed) khususnya Instagram. Sekarang makin di kenal di sosmed, secara waktu lebih efektif dan efisien hanya lewat sosmed segala waktu dimanfaatkan setiap ada orderan langsung kita kerjain," tutur Anisa kepada Okezone di Jakarta.

Anisa menjelaskan, kendati orangtuanya tidak berwirausaha namun karena dirinya melihat peluang dari bisnis yang terbilang unik ini. Membuat dirinya untuk memfokuskan tetap menjalankan bisnis tersebut. "Merasa punya jiwa wirausaha, kedua unik dan pernah kuliah di bidang seni melihat usaha ini. Meskipun sudah ada,tetapi masih jarang juga," ujarnya.

Melalui bisnisnya, Anisa mengaku, bisa mendapatkan omzet Rp 2 hingga Rp 10 juta sebulan. Adapun produk karikaturnya meliputi karikatur manual dan digital, WP AP Pop Art, ilustration maupun siluet dibanderol di kisaran harga Rp100 hingga Rp 2 juta.

"Tergantung kesulitan dan media pembuatannya,seperti karikatur kalau di kanvas bisa lebih mahal. Kalau dulu omzet jaman mahasiswa Rp 500 ribu saja sudah senang banget sekarang sekitar Rp1-Rp5 juta sebulan,tapi kalau ramai orderan bisa Rp 2-10 juta sebulan," paparnya.

Kendati kini usaha pembuatan karikaturnya telah mulai dikenal melalui sosmed. Namun, usaha miliknya juga tetap mendapatkan tantangan dari para peminatnya.

"Banyak orang masih menilai untuk apa kita harus bayar desain dengan harga mahal. Padahal para pekerja seni, mereka saja kuliah empat sampai lima tahun untuk menghasilkan suatu karya itu orang terkadang belum paham hal-hal teknis,"imbuh dia.

Di sisi lain, dia mengaku produk berupa karikatur telah banyak diminati oleh semua kalangan. "Dulu maknanya mungkin lebih banyak hanya untuk sekedar sindiran. Tetapi sekarang sudah luas,untuk hiburan dan bingkisan unik menarik serta lucu untuk orang terdekat," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links