View Single Post
Old 16th June 2015, 09:14 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default BI Pastikan Uang Tak Layak Pakai Dimusnahkan

Quote:
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan secara rutin melakukan pemusnahan uang yang tidak layak edar. Pemusnahan dilakukan dalam rangka menjaga kualitas uang yang beredar di masyarakat (Clean Money Policy).

"Pemusnahan dilakukan sehingga masyarakat nyaman dalam bertransaksi dengan menggunakan Rupiah," papar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam keterangan tertulis, Senin (15/6/2015).

Dia mengatakan proses pemusnahan uang yang tidak layak edar diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.14/7/PBI/2012 tentang Pengelolaan Uang Rupiah tanggal 27 juni 2012.

BI, lanjut dia, mengganti atau menukar uang yang sudah tidak layak edar, misalnya karena lusuh, robek, terbakar sebagian, untuk kemudian dimusnahkan dan diganti dengan uang yang layak edar.

"Ke depan BI akan lebih meningkatkan proses pengawasan dan memastikan prosedur pembuangan limbah racikan uang kertas dilaksanakan dengan baik," tukasnya.

Sementara itu, terkait dengan temuan 62 karung yang berisi potongan racikan uang kertas, BI dan Kepolisian RI telah berkoordinasi. Berdasarkan hasil pendalaman BI, dapat dipastikan bahwa 62 karung tersebut berisi limbah racikan uang kertas yang dimusnahkan BI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, 62 karung berisi potongan uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu menggegerkan warga Jatirahayu Kota Bekasi. Puluhan karung yang ditemukan Jumat 12 Juni 2015 tersebut dinyatakan sebagai uang asli.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links