View Single Post
Old 16th June 2015, 09:17 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ekspor Bekicot & Ubur-Ubur Rambah Asia, AS, Hingga Eropa

Quote:
JAKARTA - Pasar ekspor bekicot dan ubur-ubur ternyata merambah negara-negara di Asia, Amerika Serikat, bahkan negara-negara Uni Eropa.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P Hutagalung mengungkapkan, negara-negara tujuan pasar ekspor bekicot merambah pasar Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa dalam bentuk escargot. Sedangkan ubur-ubur merambah pasar ekspor Jepang, Korea, China dan Taiwan.

"Ubur-ubur untuk obat, kosmetik. Selama ini konsumsi sekarang banyak. Sedangkan bekicot sampai Amerika di kaleng escargot jadi makanan," ucapnya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (15/6/2015).

Untuk bekicot, lanjut Saut, mempunyai permintaan ekspor yang cukup tinggi karena zat kapur yang terkandung di dalamnya.

"Bekicot karena permintaan tinggi, kapurnya tinggi, untuk tulang. Permintaan terbesar Amerika dan Eropa," tutur dia.

Dengan melihat adanya potensi yang besar dalam ekspor bekicot dan ubur-ubur, maka, pihaknya akan menyusun sebuah roadmap untuk menjadikan industri pengembang di dalam negeri, kendati kedua komoditas itu masih sedikit, karena belum banyak dibudidaya.

"Tapi populasi sedikit termasuk yang mau kita rehabilitasi, bangun program untuk kepiting, rajungan, lobster, termasuk bekicot karena permintaan tinggi, kapurnya tinggi, untuk tulang," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links