View Single Post
Old 16th June 2015, 09:24 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dapat THR Lebaran, Sebaiknya Utamakan Kewajiban

Quote:
JAKARTA – Setelah berpuasa sebulan lamanya, umat Islam akan menyambut hari suci Lebaran. Sebagai kewajiban umat Islam, tentunya kita tidak boleh lupa akan kewajibannya sebagai Muslim yang taat.

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini Sutikno mengatakan, dalam anggaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk mudik yang akan dipersiapkan, maka diharapkan didahulukan kewajiban yang utama sebagai umat Muslim yang taat.

“Anggaran mudik paling utama dari THR itu harus dialokasikan untuk amalnya, seperti zakat fitrah atau maal,” ucapnya saat dihubungi Okezone, Jakarta belum lama ini.

Selanjutnya, anggaran THR juga dapat digunakan untuk menyiapkan segala sesuatunya saat berlebaran di rumah bagi keluarga yang tidak melakukan mudik. Sebab, ada perbedaan antara keluarga yang melakukan mudik dengan keluarga yang tidak melakukan mudik.

“Kalau lebaran itu di rumah sendiri biasanya ada siapin makanan. Kalau mudik, biasanya tidak masak di rumah. Nah, itu yang dihilangkan, yakni anggaran persiapan makan di rumah,” imbuh dia.

Kemudian yang terakhir, anggaran THR dapat dialokasikan berbagi untuk keperluan berbentuk pakaian baru maupun perlengkapan ibadah baru.

“Tinggal dialokasikan ke anggota keluarga. Walaupun tidak wajib," jelas Mike.

Sementara itu, bagi yang mudik ke kampung halaman, menurut Mike, biasanya ada tradisi Lebaran yang tidak boleh dilewatkan, yakni pembagian uang Lebaran atau identik dengan nama salam tempel. Namun, dirinya menyarankan, pembagian uang tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial diri sendiri.

“Kita lihat kalau tradisi lebaran ada kasih hadiah itu sebenarnya enggak wajib, tapi sesuai kemampuan. Mau sedekah boleh sebagai tambahan. Hadiah Lebaran tidak wajib. Biasanya itu cuma untuk motivasi anak-anak yang baru belajar puasa. Bisa berupa barang atau uang lebaran. Biasanya kepada orangtua kita berikan apresiasi kita kasih uang atau saudara-saudara yang lebih tua. Yang tidak mampu terutama,” tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links