View Single Post
Old 16th June 2015, 11:26 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 7 Jan 2015
Userid: 3095
Posts: 332
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Apa itu diabetes insipidus?

Quote:

Diabetes insipidus adalah suatu kondisi di mana kemampuan Anda untuk mengontrol keseimbangan air dalam tubuh Anda tidak bekerja dengan baik. Ginjal Anda tidak dapat mengatur berapa banyak air keluar melalui urin dengan normal. Ini berarti bahwa Anda melewati sejumlah besar urin encer, sehingga Anda kehilangan banyak cairan dari tubuh yang menyebabkan Anda menjadi lebih haus dan ingin minum lagi.

Istilah medis untuk terlewatinya sejumlah besar urin ini adalah poliuria. Dan istilah medis untuk ini meningkatnya rasa haus dan keinginan untuk minum lebih banyak di sebut polidipsia.

Jika Anda memiliki diabetes insipidus Anda dapat dengan mudah mengalami dehidrasi. Tingkat garam natrium dan kalium dalam darah Anda juga dapat menjadi tidak seimbang dan terlalu tinggi.

Ada dua jenis diabetes insipidus (dijelaskan di bawah ini ):
1. Diabetes insipidus kranial.
2. Diabetes insipidus nefrogenik.

Catatan: diabetes insipidus tidak harus bingung dengan jenis yang lebih umum dari diabetes biasa atau diabetes mellitus. Dua kondisi tidak berkaitan. Diabetes mellitus juga dapat membuat Anda merasa haus dan melewati banyak urin. Hal ini terjadi ketika tingkat gula (glukosa) dalam darah Anda menjadi lebih tinggi dari biasanya. Pada diabetes insipidus, tidak ada masalah dengan tingkat glukosa dalam darah Anda.

Diabetes insipidus kranial
Diabetes insipidus kranial terjadi ketika otak Anda memproduksi atau melepaskan mengurangi jumlah ADH. Seperti disebutkan di atas, ADH biasanya membantu ginjal untuk mengkonsentrasikan urin Anda. Jika kurang ADH dilepaskan, Anda akan melewati peningkatan volume urin encer.

Diabetes insipidus kranial dapat terjadi jika hipotalamus atau kelenjar pituitari Anda rusak. Hal ini menyebabkan penurunan produksi dan pelepasan ADH.

Penyebab diabetes insipidus kranial meliputi:
1. Cedera Kepala.
2. Kanker ganas atau jinak, tumor otak atau kelenjar hipofisis.
3. Pembedahan untuk otak Anda di sekitar wilayah kelenjar hipofisis dan hipotalamus.

Diabetes insipidus idiopatik.
Diabetes insipidus kranial mungkin hanya menjadi masalah sendiri. Namun, kadang-kadang dapat terjadi karena produksi hormon lain yang dilepaskan oleh kelenjar hipofisis juga dapat mempengaruhi. Diabetes insipidus kranial kadang-kadang disebut diabetes insipidus sentral atau diabetes insipidus neurogenik.

Jika diabetes insipidus kranial disebabkan oleh cedera kepala atau operasi otak Anda, itu hanya menunggu masalah waktu untuk sembuh baik singkat atau beberapa minggu.

Diabetes insipidus nefrogenik
Nefrogenik merujuk pada ginjal. Pada diabetes insipidus nefrogenik, ADH masih dilepaskan oleh otak Anda, tetapi ginjal menjadi resisten terhadap efek ADH. Ini berarti bahwa ADH tidak dapat bekerja dengan baik untuk memungkinkan ginjal mengkonsentrasikan urin Anda. Sekali lagi, ini berarti bahwa Anda akan mengembangkan poliuria (di mana Anda melewati sejumlah besar urin diencerkan) dan polidipsia (di mana Anda merasa haus dan minum lebih).

Diabetes insipidus nefrogenik sangat jarang. Penyebab meliputi:
a. Beberapa penyakit ginjal kronis seperti gagal ginjal kronis.
b. Jika tingkat obat-obat tertentu yang kita pakai dalam dosis terlalu tinggi, terutama obat yang disebut lithium.
c. Jarang sekali diabetes insipidus nefrogenik dapat menular melalui gen Anda.

Bagaimana umumnya diabetes insipidus dan siapa saja yang beresiko?
a. Diabetes insipidus bukan kondisi yang sangat umum. Ini dapat terjadi sekitar 1 dari 25.000 orang.
b. Diabetes insipidus dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia tetapi sebagian besar merupakan masalah yang mempengaruhi orang dewasa.
c. Diabetes insipidus dapat di mulai selama kehamilan.

Apa saja gejala diabetes insipidus?
Gejala utama diabetes insipidus meliputi:
1. Urin terlewati dalam volume besar. Anda mungkin mendapati antara 3 20 liter urin/hari.
2. Sering buang air kecil (sampai setiap setengah jam) di siang hari.
3. Sering bangun untuk buang air kecil pada malam hari.
4. Merasa haus, meskipun fakta bahwa Anda tampaknya banyak minum cairan.
5. Kurangnya air dalam tubuh Anda (dehidrasi).
6. Hal ini dapat menjadi masalah jika Anda tidak minum cukup cairan untuk mengimbangi jumlah urine yang Anda lewati.

Dehidrasi berat adalah keadaan darurat medis dan perhatian medis segera diperlukan.
Gejala dehidrasi pada kasus yang berat dapat terjadi sakit kepala, kulit, mulut, bibir dan lidah kering, kram otot, lemah dan kebingungan.
Kelelahan yang mengurangi konsentrasi. Hal ini mungkin karena kurang tidur karena berulang malam waktu perjalanan ke toilet.
Sekarang telah di temukan obat khusus untuk pengobatan diabetes insipidus untuk info lebih lanjut klik Obat Diabetes Insipidus
berhadiah is offline   Reply With Quote
Sponsored Links