View Single Post
Old 17th June 2015, 08:59 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lima Kesalahan Keuangan Ketika Liburan ke Luar Negeri

Quote:
JAKARTA - Pergi liburan haruslah menjadi kegiatan yang menyenangkan setelah kamu bekerja keras sekian lamanya. Mengeluarkan uang lebih untuk memanjakan diri, misalnya pijat spa di salon ala Bali, adalah hal yang wajar.
Tapi jika kamu cermat, ada beberapa pengeluaran di saat liburan yang sebetulnya tidak begitu penting. Apa saja kesalahan finansial yang tidak boleh kamu lakukan saat liburan? Berikut di antaranya:

1. Mengunjungi Tempat Wisata Terkenal saat Musim Liburan


Semua orang berpergian di musim liburan. Akibatnya harga-harga melonjak naik, mulai dari harga tiket, kamar hotel hingga tiket masuk ke berbagai wahana hiburan.

Apabila Anda ingin melakukan penghematan, maka ada baiknya Anda merencanakan liburan dari jauh-jauh hari dan pergi bukan di saat musim liburan. Dengan cara ini bisa dipastikan bujet akan berkurang drastis.

2. Layanan Makan Pagi di Hotel


Sebelum memesan kamar penginapan, kamu harus mengecek apakah hotel tempat kamu menginap memberikan layanan makan pagi gratis. Ini penting karena tidak semua hotel menawarkannya secara cuma-cuma. Selain itu, jangan pernah tergoda memesan sarapan ke kamar hanya karena kamu malas bangun pagi dan turun ke ruang makan. Kamu harus membayar mahal untuk layanan seperti itu.

3. Tak Mempertimbangkan Kegunaan Kartu Kredit


Kamu punya kartu kredit? Kalau iya, jangan lupa memanfaatkan keuntungan kartu kredit dengan memesan tiket pesawat atau hotel. Cari program rewards yang ditawarkan kartu kredit dan sesuaikan dengan rencanamu.

Selain berhemat, anggaran untuk membeli tiket pesawat atau menginap di hotel yang tersisa dari keuntungan penggunaan kartu kredit dapat digunakan untuk hal lain. Misalnya membeli oleh-oleh bagi teman-teman tersayang atau menyewa mobil lebih lama untuk menyusuri daerah pedalaman di lokasi liburanmu.

4. Bayar Fasilitas Wi-Fi

Pengeluaran untuk hal ini adalah big no! Pastikan hotel tempat kamu tinggal menyediakan fasilitas wifi secara gratis. Jika tidak, kamu bisa memanfaatkan ponsel kamu dengan membeli paket data yang full service. Jika kamu liburan ke luar negeri, gunakan platform public wifi yang bisa diakses di tempat umum seperti bandara, restoran, ataupun stasiun kereta api. Di era modern ini, agak konyol harus membayar koneksi wi-fi karena banyak tersedia gratis untuk kamu manfaatkan.

5. Pemandu Wisata


Membayar pemandu wisata bukanlah ide bagus karena beberapa di antara mereka sebenarnya hanya bekerja dengan menunjukkan tempat-tempat saja, bukan menjelaskan sisi historis tempat wisata tertentu. Terlebih, harga jasa mereka kadang terlalu overpriced alias di atas standar pasar.

Sederhana saja, gunakan peta untuk mencapai tujuan wisata yang kamu mau. Untuk mengetahui aspek historis tempat wisata, kamu cukup googlingatau menemukan jawabannya di Wikipedia. Dan kalau kamu melancong ke luar negeri, beli lah buku panduan wisata seperti Lonely Planet, yang lengkap dan interaktif, ketimbang membayar jasa pemandu wisata.
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links