View Single Post
Old 18th June 2015, 08:33 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kartu Kredit Mencapai Limit? Begini Cara Mengatasinya!

Quote:
JAKARTA - Kartu kredit adalah produk finansial yang mudah digunakan dan memberikan kenyamanan. Dan di dunia yang serba modern, kartu kredit bisa menjadi pilihan sempurna untuk segala transaksi harian Anda. Terlebih, kartu kredit juga dapat membantu membangun sejarah kredit Anda.
Tapi jika tidak hati-hati, kartu kredit dapat membelit Anda dalam kesulitan. Seperti bila Anda menggunakan kartu kredit tidak teratur atau tak membayar tagihan bulanan secara penuh. Maka utang kepada bank penyedia kartu kredit dapat menumpuk dan melebihi limit Anda.

Penggunaan kartu kredit yang mencapai limit dan tertunggak, secara langsung menunjukkan ada masalah pengeluaran atau beban keuangan yang dialami oleh penggunanya. Hal ini dapat menurunkan nilai kredit Anda.

Mungkin Anda satu di antara orang yang menganggap kartu kredit adalah kartu utang, sehingga terbiasa berutang pada kartu kredit. Padahal, kartu kredit adalah alat pembayaran yang sama halnya dengan uang namun dengan penundaan pembayaran saja.

Salah persepsi inilah yang juga menyebabkan Anda menggunakan kartu kredit secara sembarangan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi atau menormalkan kembali kartu kredit Anda yang mencapai limit.

1. Jangan Ajukan Kartu Kredit Baru

Beberapa orang menggunakan sistem gali lubang tutup lubang ketika kartu kreditnya mencapai limit dan tidak terbayar, yakni dengan cara mengajukan kartu kredit baru untuk menutupi utang kartu kredit sebelumnya. Tapi jangan pernah Anda melakukan hal ini.

Karena seharusnya Anda belajar dari kesalahan dalam penggunaan kartu kredit, yaitu bertransaksi hingga melebihi limit. Jika kebiasaan itu berulang pada penggunaan kartu kredit yang baru, tentu Anda akan semakin kesulitan menghadapi masalah keuangan ini.

2. Lunasi Tagihan Kartu Kredit Setiap Bulan

Menggunakan kartu kredit mencapai limit dan gagal bayar dapat membuat Anda harus membayar bunga kredit lebih banyak. Jadi, jangan pernah ambil risiko dengan menunda pembayaran tagihan pada bulan-bulan berikutnya. Bank kemungkinan akan menerapkan denda keterlambatan dan meningkatkan bunga tagihan kartu kredit Anda. Sikapilah utang dengan bijak dan tertib membayar tagihan kartu kredit.

3. Hentikan Penggunaan Kartu Kredit Sementara

Jika Anda sudah tidak bisa lagi menggunakan kartu kredit untuk berbelanja atau melakukan transaksi lainnya, itu adalah pertanda. Artinya kartu Anda sudah mencapai limit. Bila begitu, hentikan sementara penggunaan kartu kredit hingga Anda sudah bisa melunasi tunggakannya.

4. Cari Uang Tambahan untuk Membayar Tagihan

Gaji per bulan Anda sudah tidak mungkin menutupi tagihan kartu kredit yang melebihi limit? Maka Anda harus bertindak cerdas dengan mencari uang tambahan. Gunakan waktu akhir pekan Anda untuk melakukan pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang. Kemudian, pakailah uang pendapatan itu untuk membayar tagihan kartu kredit.

Jika tidak mengambil langkah cermat dan cerdas, Anda akan terjebak dalam utang kartu kredit yang berkepanjangan dan bunga yang semakin membengkak. Karena itu, segeralah bertindak jika ada yang salah dengan pengelolaan keuangan Anda, termasuk penggunaan kartu kredit.
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links