View Single Post
Old 20th June 2015, 08:33 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Gadai Lebih Baik dari Kredit Tanpa Agunan

Quote:
JAKARTA Menjelang bulan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat yang melakukan gadai barang untuk membeli kebutuhan Labaran atau mudik. Namun apakah gadai efektif diterapkan?
Perencana keuangan Mike Rini, menilai jika sistem gadai lebih efektif dibandingkan pinjaman nongadai semisal Kredit Tanpa Anggunan (KTA). Pasalnya, bisa meminjam dalam jumlah lebih besar yang malah buat lupa diri.

"Jika si penggadai tak mampu tebus barang jaminan akan dilelang, tapi ketika melakukan pinjaman dengan KTA, ditakutkan adanya masalah-masalah keuangan seusai Lebaran nantinya, karena lupa diri dan nafsu,"tutur Rini ketika dihubungi Okezone, belum lama ini.

Menurutnya, sistem gadai 'ada barang ada uang', ada barang yang digadai pinjaman pun bisa didapat. Namun, jumlah maksimal uang yang bisa didapat dari hasil gadai pun hanya 70-80 persen dari nilai barang yang digadai.

"Jadi nilai uang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan Ramadan dan Lebaran tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan jenis barangnya,"ucapnya.

Kendati demikikan, Rini menuturkan gadai masih efektif untuk dilakukan. Pasalnya, Jika si penggadai tak mampu tebus barang jaminan akan dilelang.

"Jadi tidak perlu ditakutkan lagi ada masalah keuangan. Kalaupun barang tak bisa ditebus, ya sudah menjadi risiko,"tuturnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links