View Single Post
Old 20th June 2015, 08:35 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mau Beli Rumah, tapi Bingung Cicilannya

Quote:
SAYA Isal, pegawai swasta. Saya ingin sekali membeli rumah, tapi saya kesulitan membayar cicilannya tiap bulan dikarenakan penghasilan saya rendah. Bagaimana solusi agar saya bisa membeli rumah tanpa kendala pendapatan?

Terima kasih

Isal



Jawab :

Hi pak Isal,

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian sebagian besar orang. Rumah yang kita miliki sendiri tentu akan memberikan perasaan yang berbeda dan lebih nyaman dibandingkan bila kita tinggal di rumah sewaan ataupun rumah milik orang lain. Namun yang tidak bisa kita pungkiri memang yang namanya harga rumah alias properti harganya terus naik dan naik, dan bahkan tidak jarang kenaikan harganya lebih besar prosentasenya dibandingkan dengan kenaikan penghasilan kita. Maka dari itu kita harus bersiasat agar dapat memiliki rumah yang kita idam-idamkan.

Karena kondisi penghasilan yang terbatas, maka kita harus mencari tahu dahulu, sebenarnya kemampuan kita membayar cicilan KPR itu kira-kira berapa sih? Jangan lupa juga bahwa kita harus menyiapkan minimal 20 persen dana sebagai uang muka dan pembayaran pertama untuk pembelian rumah tersebut. Dan di situlah kita harus benar-benar berhitung, dengan kemampuan yang kita miliki saat ini, berapakah kira-kira harga rumah yang bisa kita beli?

Setelah perkiraan harga rumah tersebut didapatkan, maka tindakan berikutnya tentunya adalah mencari rumah yang diinginkan, tentunya dengan harga yang sesuai dengan kemampuan kita. Bila harga yang kita cari juga tidak terlalu tinggi, berarti kemungkinan rumah dengan harga tersebut berada pada daerah-daerah pinggiran kota, ataupun bila berada di daerah perkotaan mungkin bukan berada di daerah yang terkenal, ataupun bangunannya mungkin sudah cukup berumur. Dengan keterbatasan dana, akan lebih baik kita memilih bangunan yang relatif masih baru meskipun terletak di pinggiran kota, agar biaya perawatan rumahnya tidak menjadi terlalu besar lagi.

Bila setelah dihitung-hitung ternyata penghasilan Anda masih belum mencukupi juga untuk membayar cicilan KPR-nya, maka memang mau tidak mau Anda melakukan action lainnya, yaitu bagaimana caranya menambah pemasukan Anda agar cukup untuk membayar cicilan KPR. Entah itu dengan mencari pekerjaan yang memberikan penghasilan lebih besar, ataupun dengan bekerja sambilan. Dan sambil menunggu penghasilan Anda cukup untuk membayar cicilan KPR-nya, maka kita harus dapat bersabar diri untuk tinggal di rumah yang kita sewa ataupun kontrak.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links