View Single Post
Old 20th June 2015, 08:39 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Soal Dwelling Time, Sistem Bea Cukai Tidak Memberikan Solusi

Quote:
JAKARTA Sistem bongkar muat atau dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok masih terbilang lama bila dibandingkan dengan negara lainnya. Namun, hingga kini belum ada solusi untuk menyelesaikan permasalahn tersebut.
Ketua Komite Tetap Regulasi Logistik Kadin Indonesia Akbar Johan mengatakan, seperti sistem yang disajikan Ditjen Bea Cukai pada jalur merah peti kemas. Di mana, birokrasi administrasi yang rumit masih menjadi penyebab terhambatnya kelancaran pengeluaran barang.

"Itu isu basi dan dwelling time 5,5 hari itu juga tidak valid ,karena pengalaman saya sendiri bahkan masih ada yang 30 hari terutama jalur merah karena sistem di Bea Cukai tidak memberi solusi," kata Akbar kepada Okezone di Jakarta belum lama ini.

Akbar menuturkan, kemarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai dwelling time di Tanjung Priok lantaran tidak mendapatkan jawaban yang sepadan dari para pejabat pelabuhan mengenai dwelling time.

"Kuncinya adalah berantas penghambat-penghambat tersebut terutama di Ditjen Bea Cukai," tambahnya.

Lanjut Akbar, mengenai dwelling time di pelabuhan hampir seluruh yang terkait menyalakan pre clearance di Pelabuhan itu sendiri, khususnya mengenai izin. Padahal, jika semua perizinan dilakukan dengan sistem online, maka hambatan-hambatan bisa teratasi.

"Selama online sistem registasi separuh-separuh, maka hambatan-hambatan tersebut tidak akan hilang karena disitu menjadi sarang pungli oknum-oknum PNS," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links