View Single Post
Old 21st June 2015, 08:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lima Keputusan Finansial yang Harus Anda Ambil Sekarang Juga!

Quote:
JAKARTA - Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, semuanya bisa terjadi. Namun ingat, keputusan hari ini akan mempengaruhi apa yang terjadi kelak. Pastikan Anda mengambil keputusan yang tepat.
Coba ikuti lima langkah keuangan di bawah ini demi masa depan yang cerah:

1. Menabung dari Sekarang, Walaupun Sedikit

Mulailah menabung dari sekarang, walaupun kemampuan Anda masih sedikit. Ingat pepatah: “Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit.”

Jangan membeli barang-barang yang Anda tidak butuhkan. Contohnya Anda bisa mengurangi belanja majalah kesukaan Anda karena informasi gratis bisa didapatkan dengan mudah di internet.

2. Hapus hutang Anda

Melunasi utang memang bukan perkara yang mudah, apalagi kalau Anda terbiasa dengan gaya hidup yang aktif dan dinamis.

Namun dengan komitmen tinggi, bukan hal mustahil Anda bisa melunasi utang Anda itu. Dibutuhkan determinasi tinggi dan konsisten membayar lunas utang-utang Anda, termasuk tidak tergoda untuk terus menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan-kebutuhan tidak terlalu penting.

Mulai dengan hutang dengan bunga cicilan tertinggi karena setelah Anda membayar ini, Anda akan memiliki anggaran lebih untuk membayar hutang Anda yang lebih kecil. Jangan sampai kelewatan jatuh tempo cicilan juga supaya Anda tidak dikenakan denda.

3. Mulai berinvestasi

Apabila ada dana sisa tiap bulannya, mungkin sudah waktunya Anda berinvestasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa disasar, mulai dari reksa dana, emas batangan hingga bermain saham.

Sebelum memutuskan untuk investasi, pelajari dulu kelebihan dan kekurangan setiap instrumen investasi karena tiap bentuk investasi pasti ada risikonya. Carilah instrumen investasi dengan manfaat tertinggi yang sesuai dengan tujuan dan gaya hidup Anda.

4. Minta kenaikan gaji

Ini memang susah-susah gampang. Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa performa Anda cukup baik untuk minta kenaikan gaji. Tulis semua pencapaian Anda dan tunjukkan itu ke bos Anda. Kenaikan sedikit apapun bisa berguna untuk membayar segala macam tagihan dan cicilan Anda. Dan lumayan juga untuk menambah-nambah tabungan Anda.

5. Jangan lupa dana pensiun

Salah satu tabungan masa depan yang terpenting adalah dana pensiun. Anda harus mulai menabung sebagian kecil penghasilan Anda untuk membeli produk dana pensiun yang ditawarkan oleh bank atau perusahaan asuransi. Dampaknya tidak bisa dinikmati sekarang, namun ketika tua nanti Anda akan bersyukur telah melakukan hal yang tepat.
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links