View Single Post
Old 21st June 2015, 08:30 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Sulit Menabung akibat Pengeluaran Besar, Solusinya?

Quote:
SAYA merasa sulit untuk menabung uang dengan penghasilan rendah, karena pengeluaran saya lebih banyak dibandingkan dengan pendapatan. Bagaimana solusinya agar saya bisa menabung dengan keterbatasan pendapatan tersebut?

Terima kasih

Isal



Jawab :

Pak Isal,

Idealnya yang namanya pengeluaran sebaiknya adalah lebih kecil jumlahnya dibandingkan dengan pendapatan kita, atau paling tidak sama. Sehingga tidak terjadi hal yang disebut oleh pepatah dengan “besar pasak daripada tiang”, yang artinya pengeluaran justru lebih besar dibandingkan dengan pemasukan.

Pada kenyataannya, memang tidak jarang juga kita mengalami keadaan di mana walaupun kita sudah berusaha semaksimal mungkin, namun yang namanya pengeluaran tetap menjadi lebih besar daripada pemasukan. Maka dengan keadaan seperti itu tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan mengurangi pengeluaran dan atau menambah pemasukan. Mengurangi pengeluaran tentunya dengan cara mengurangi pos-pos pengeluaran yang masih bisa dikurangi ataupun dihentikan sama sekali konsumsinya. Semisal adalah pengeluaran untuk jajan ataupun makan diluar rumah, ataupun pos-pos pengeluaran lainnya yang kurang penting.

Pada suatu titik, memang yang namanya pengeluaran ini pasti akan sudah tidak dapat dikurangi lagi, karena memang telah menjadi kebutuhan kita. Untuk itu bila pengeluaran masih terasa lebih besar daripada pemasukan, maka yang sebaiknya kita lakukan adalah dengan cara menambah pemasukan. Caranya tentu saja dengan melakukan suatu pekerjaan yang bisa memberi kita penghasilan lebih banyak. Bila kita seorang karyawan, pilihannya bisa pindah kerja ketempat baru yang memberikan penghasilan lebih besar, atau tetap dengan pekerjaan kita saat ini namun kita juga melakukan pekerjaan-pekerjaan ekstra ataupun sampingan lainnya. Cara ini memang mau tidak mau harus kita lakukan mengingat kebutuhan kita yang semakin hari pasti akan semakin bertambah.

Menabung idealnya kita lakukan diawal ketika kita menerima penghasilan. Jadi sebelum digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, sisihkanlah terlebih dahulu penghasilan Anda untuk ditabung. Namun menabung sendiri sebenarnya bisa menjadi kebutuhan yang menjadi prioritas ke sekian untuk dipenuhi, seadainya kebutuhan Anda yang lainnya memang belum terpenuhi juga seperti kebutuhan untuk makan sehari-hari, biaya transportasi ke tempat kerja, ataupun uang sekolah anak. Bahkan bila Anda masih memiliki cicilan hutang, maka prioritas pertama adalah alokasikan penghasilan Anda untuk membayar cicilan hutang lebih dahulu dan kebutuhan – kebutuhan lainnya. Bila kemudian memang ada kelebihannya, baru deh boleh ditabung.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links