View Single Post
Old 22nd June 2015, 09:04 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pengusaha Dadakan Ramadan, Perhatikan Tips Berikut

Quote:
JAKARTA - Bulan Ramadan sering kali menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha jangka pendek, lantaran ingin menambah pendapatan menjelang lebaran. Namun, tidak semua bisnis bisa berhasil pada saat lebaran ini.
Perencana Keuangan Independen dari Tatadana Consulting Aprida CFP, Aprida, mengatakan sebelum memulai usaha sebaiknya dipikirkan secara matang jenis usaha apa yang ingin dijalankan, dikarenakan setiap usaha memiliki perencanaan serta modal yang berbeda-beda.

"Harus diperhatikan dulu permintaan apa yang kira-kira tinggi dan dibutuhkan masyarakat. Cari tahu usaha musiman, biasanya apa penyedia makanan dengan menu masakan berbuka puasa atau lainnya. Maupun usaha baju serta pakaian yang biasa dicari untuk lebaran," tutur Aprida kepada Okezone di Jakarta belum lama ini.

Aprida menjelaskan, selain melihat permintaan kebutuhan, calon pelaku usaha juga harus menganalisa lingkungan yang dijadikan tempat usahanya. Terlebih segmentasi pasar yang menjadi sasaran dalam menawarkan produk usahanya.

"Harus tahu dulu lingkungan apa yang akan kita sediakan kebutuhannya. Untuk orang atau permintaan tinggi belum dipenuhi atau belum ada yang melirik usaha itu melihat pangsa pasar menyasar ke mana apakah kelas menengah atas ataupun bawah harus ditinjau dulu," imbuh dia.

Menurut dia, hal ini lantaran kemampuan daya beli masyarakat berbeda-beda. Sehingga, perlu pemantauan yang jeli untuk mendapatkan kesuksesan sebuah usaha terutama usaha yang terbilang musiman.

"Usaha yang bagus adalah walaupun kecil tapi continue, tetapi usaha musiman bisa berhasil menambah pendapatan. Maka amati dulu pangsa pasar status sosialnya,jangan sampai kita jual produk bagus mahal di lingkungan kelas menengah rendah tidak ada yang beli," imbuh dia.

"Atau jual produk murah di lingkungan kelas menengah atas ya tidak akan dilirik," tambahnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links