View Single Post
Old 26th June 2015, 08:49 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default YLKI Imbau Konsumen Proaktif Cek Parcel

Quote:
JAKARTA – Menjelang perayaan hari keagamaan atau hari Raya Idul Fitri, memberikan parcel menjadi tradisi tersendiri. Namun, ada saja ulah pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab demi memperoleh keuntungan dengan memasukkan produk-produk kadaluwarsa.

Ketua Bidang Pengaduan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sularsi mengimbau masyarakat dalam hal ini konsumen harus waspada dan aktif mengadukan apabila menemukan produk-produk kedaluarsa.

“Konsumen harus aktif untuk informasikan jika barang itu tidak layak atau sangat mengecewakan. Mereka membolehkan haknya yakni hak komplain. Nanti dari komplain akan mendapatkan produk yang lebih baik,” ucapnya kepada Okezone saat dihubungi di Jakarta, belum lama ini.

Selain masyarakat, dia juga mengimbau kepada pihak produsen atau distributor, terutama distributor yang paling memiliki peranan penting dalam menyalurkan barangnya kepada konsumen.

“Kalau distributor jelas bahwa harus ada etiket baik itu yang harus didasari. Artinya memang di dalam membeli suatu produk, distributor harus impor produk yang legal. Kalau tidak legal, berarti ‘melakukan pelanggaran’ dengan memasukkan produk dengan ilegal ke Indonesia,” tegas dia.

Selain itu, pihak distributor pun harus menyediakan informasi yang jelas bagi konsumen mulai dari tanggal kedaluarsa, harga, bahkan hingga komposisi dari sisi kemasan.

“Sisi untuk kedaluarsa, dari sisi harga dan informasi labelnya perlu untuk konsumen. Dari sisi produknya, kalau mau beli harus beli secara fisik yang baik. Labelnya bisa dibaca dan dimengerti dan apa isi produk tersebut. Juga layak dikonsumsi masyarakat,” tandas Sularsi.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links