View Single Post
Old 27th June 2015, 08:40 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Nama Anda Masuk Daftar Blacklist BI? Ini Cara Mengeceknya

Quote:
JAKARTA - Bagi anda yang namanya terdaftar dalam Bank Indonesia (BI) akan sulit mengajukan kredit. Pasalnya sebelum bank atau lembaga pembiayaan menyetujui ajuan kredit, terlebih dahulu meminta rekomendasi dari BI.
Ketika track record anda dalam Sistem Informasi Debitur (SID) buruk, sudah tentu anda akan kesulitan mendapatkan fasilitas kredit. Atau mungkin tidak akan pernah bisa mendapatkan fasilitas kredit kembali.

Untuk Anda yang ingin tahu mengenai track record kredit anda dalam SID, anda bisa melakukan beberapa hal. Pihak yang dapat memperoleh data tersebut adalah Anggota BIK (Bank dan Lembaga Pembiayaan) serta masyarakat.

Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs menyebutkan salah satu caranya masyarakat bisa memperoleh melalui Bank atau Lembaga Pembiayaan yang memberikan fasilitas kredit.

"Biasanya kalau dia datang ke bank mau minta kredit atau mau buka kartu kredit, banknya akan memberikan info bahwa namanya tercatat masih menunggak," jelas Peter kepada Okezone belum lama ini.

Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh data kreditnya melalui Gerai Info Bank Indonesia atau Kantor Bank Indonesia setempat (daerah). Saat ini permintaan track record kredit oleh masyarakat bisa juga dilakukan secara online melalui website Bank Indonesia.

Sebagai informasi, SID merupakan sistem yang mempertukarkan informasi debitur dan fasilitas kredit dari Bank dan Lembaga Pembiayaan. SID dikelola oleh salah satu bagian di Bank Indonesia yaitu Biro Informasi Kredit (BIK).

Di dalam SID terdapat Informasi Debitur Individual Historis atau IDI Historis. IDI merupakan produk dari SID yang berupa report yang dapat dicetak dan berisi mengenai data-data debitur beserta data lainnya seperti fasilitas kredit, agunan, penjamin dari Bank atau Lembaga Pembiayaan. IDI diberi tambahan kata 'historis' karena mencakup data kualitas pembayaran fasilitas kredit selama 24 bulan terakhir.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links