View Single Post
Old 27th June 2015, 08:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Plesiran dengan Kartu Kredit, Kenapa Tidak?

Quote:
BISAKAH Anda menggunakan kartu kredit untuk berlibur? Bisa saja, tapi Anda harus mempertimbangkan segala kelebihan dan kekurangannya. Kartu kredit sendiri menawarkan sejumlah keuntungan untuk liburan Anda. Tak sedikit penggunanya menyimpulkan bahwa kartu kredit jauh lebih praktis daripada harus memboyong uang tunai yang berlebihan dalam berpergian.
Keuntungan utama kartu kredit lainnya adalah kemudahan untuk membeli tiket perjalanan dan memesan hotel. Bahkan tak jarang, Anda dapat menemukan harga tiket atau kamar hotel yang lebih murah dengan beragamnya program promo kartu kredit untuk travel dewasa ini.

Tentu saja semua bentuk pinjaman menambah beban dalam keuangan Anda. Sehingga akan lebih baik jika Anda menabung dan membayar segala sesatu secara tunai. Namun jika hasrat plesiran sudah menggebu, apalagi adanya tiket penerbangan promo yang murahnya tak mungkin Anda lewatkan, menggunakan kartu kredit bisa jadi jalan keluar. Beberapa kartu kredit bahkan memberikan fasilitas cicilan tanpa bunga alias cicilan nol persen. Namun jangan langsung tergiur, sebelum menggunakan kredit untuk berlibur, Anda harus pastikan beberapa hal ini :

1. Perhitungkan Aset dan Utang Anda

Penggunaan kartu kredit yang satu ini artinya Anda berutang untuk berlibur. Tidak ada yang salah dengan utang. Namun ingat, utang harus sesuai dengan aset. Jangan pernah berutang lebih banyak dari aset yang Anda miliki. Rumus ini mudah, namun sangat penting untuk diingat sebelum Anda memutuskan menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan berlibur. Sehingga Anda tidak terlilit utang setelah pulang berplesiran.

2. Rencanakan Liburan dengan Matang

Mungkin Anda tipe wisatawan yang berlibur di musim liburan, seperti Lebaran, Natal, atau libur kenaikan kelas. Atau mungkin Anda tipe yang lebih senang berburu promo harga tiket pesawat. Tipe manapun Anda, destinasi serta tanggal dan jumlah hari berlibur sebaiknya sudah Anda tentukan dari jauh hari. Dengan menetapkan ketiga hal tersebut, akan mudah bagi Anda untuk merencanakan keuangan untuk liburan yang satu itu.

3. Siapkan Dana Tunai

Ada baiknya Anda juga menyiapkan dana tunai untuk berlibur. Selain mengurangi beban utang kartu kredit, juga untuk mengantisipasi beberapa transaksi yang harus dilakukan secara tunai. Agar tetap terencana, tetapkan jumlah maksimum pengeluaran keseluruhan untuk liburan dan alokasinya. Berapa untuk tiket, berapa untuk hotel, berapa untuk belanja, berapa untuk kegiatan wisata, dan berapa untuk pengeluaran liburan yang tak terduga. Jangan lupa untuk menghitung bunga dari tiap ‘gesekan’ pembayaran atau pengambilan uang di ATM. Terlebih lagi, jika Anda berpergian ke luar negeri dengan nilai mata uang yang berbeda.

4. Batasi Penggunaan Kredit Anda

Untuk jumlah penggunaan kartu kredit, sebaiknya Anda memulai dengan menetapkan jumlah dan periode cicilan membayar utang untuk liburan yang Anda sanggupi. Misalnya, 30 persen dari penghasilan bulanan Anda dan selama empat bulan. Dari sini Anda sudah mendapatkan jumlah penggunaan kartu kredit untuk liburan yang satu itu, meski harus berutang. Namun tetap sesuai dengan aset Anda. Selanjutnya, kunci utama untuk menggunakan kartu kredit untuk berlibur adalah disiplin mengikuti rencana keuangan selama liburan.

5. Maksimalkan Keuangan untuk Berlibur dengan Kartu Kredit

Ya, kartu kredit terkadang justru dapat memaksimalkan keuangan Anda untuk berlibur. Sebelum berlibur, coba cek bank penyedia kartu kredit Anda. Mungkin saja ada promo dan diskon restoran atau paket wisata yang dapat Anda manfaatkan di destinasi liburan. Jika memiliki lebih dari satu kartu kredit, kemungkinan Anda untuk mendapatkan potongan-potongan harga pun semakin besar. Namun ingat, ini tetap utang. Jadi Anda harus tetap merencanakan keuangan untuk liburan dengan matang dan disiplin.

Berlibur dengan menggunakan kartu kredit memberikan beberapa keuntungan seperti point rewards dari pembelanjaan, juga diskon di beberapa tempat wisata atau hotel yang bermitra dengan kartu kredit yang Anda gunakan. Namun upayakan Anda membayar penuh saat jatuh tempo tagihan. Jika tidak, bunga pinjaman akan membengkak dan membebani Anda di kemudian hari.

Berlibur sejenak dan beristirahat dari kesibukan memang menyenangkan. Namun pastikan, liburan tersebut tidak menambah tingkat stres Anda karena harus membayar semua tagihan karena pinjaman yang tidak diperhitungkan dengan baik. Silakan gunakan pinjaman untuk berlibur, jika Anda mampu membayarnya!

Artikel ini pertama kali diterbitkan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links