View Single Post
Old 28th June 2015, 08:43 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Perajin Sulap Batu Badar Lumut Jadi Akik

Quote:
KULONPROGO - Perajin batu akik di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyulap batu-batuan lokal menjadi batu mulia berkelas sehingga digemari pecinta batu akik.

Pemilik Toko Ki Buleg Selo Bumi Wates, Budi Legowo Santoso mengatakan, dirinya memanfaatkan batu sungai atau batu badar lumut yang memiliki serat bagus untuk dibuat akik.

"Potensi bebatuan di Kulon Progo besar dan bagus, hanya saja belum terangkat. Untuk itu, kami merintis batu akik berbahan lokal, hasilnya juga tidak kalah dari batu-batu yang terkenal di pasaran," kata Budi, Sabtu (27/6/2015).

Ia mengatakan kecamatan dengan potensi batu yang besar yakni Kecamatan Samigaluh, Kalibawang, Kokap, dan Girimulyo. Namun, belum ada investor atau perajin yang mengangkat potensi di empat kecamatan tersebut.

"Ke depan, kami akan bekerja sama dengan teman-teman perajin di tingkat kecamatan mengolah potensi lokal dengan identitas masing-masing wilayah," katanya.

Kepala DisperindagESDM Kulon Progo Niken Probo Laras mengatakan pihaknya membina sedikitnya 20 perajin batu akik supaya usaha pertambangan batu legal secara hukum.

Ia mengatakan pembinaan lebih pada pemahaman tentang kewirausahaan, mereka harus bisa menangkap peluang ini, ketika ada kesempatan "booming" ini harus dimanfaatkan.

"Mereka harus kreatif dan tidak hanya memproduksi akik, tetapi juga liontin," kata Niken.

Ia mengatakan pihaknya mengajak perajin batu akik untuk ikut pameran dan mengurus izin penambangan batu. Saat ini, berdasarkan data DisperindagESDM, sedikitnya ada 40 perajin batu akik di Kulon Progo.

Dia mengatakan dinas siap memfasilitasi pengajuan izin penambangan rakyat (IPR) ke Pemda DIY. Kalau tidak mengajukan izin dikhawatirkan akan timbul masalah lingkungan. Minimal ada surat pernyataan pengelolaan lingkungan (SPPL) agar kalau mencari batu tidak bermasalah, apalagi yang jumlahnya cukup banyak.

"Kami juga mengimbau kepada mereka untuk mengurus izin penambangannya sehingga saling menguntungkan semua pihak," kata Niken.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links