View Single Post
Old 28th June 2015, 08:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lika Liku Penghapusan Subsidi Listrik, Digantikan Kartu Sakti

Quote:
JAKARTA Pemerintah berencana menghapus subsidi listrik golongan rumah tangga berdaya 450 voltampere (va) dan 900 va. Subsidi rencananya akan dipangkas tahun depan dan akan dimasukan dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2015.

Rencana itu, tujuannya untuk pengurangan subsidi listrik dilakukan lantaran banyak pelanggan yang memiliki lebih dari satu rumah, namun menggunakan listrik berdaya 450 va hingga 900 va. Pasalnya, mereka termasuk golongan mampu yang seharusnya tidak mendapatkan subsidi langsung dari pemerintah.

Pemerintah menilai, dengan dialihkannya pemberian subsidi listrik ke dalam bentuk kartu, maka pemberian subsidi dinilai akan lebih tepat sasaran.

Kemudian, pada 24 Juni 2015, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan perubahan desain pemberian subsidi listrik. Nantinya, subsidi bukan lagi diberikan ke PT PLN (Persero) namun akan disalurkan lewat kartu berisikan uang kepada masyarakat.

Menteri ESDM Sudirman Said mengaku optimistis penggunaan kartu untuk subsidi listrik bisa dilaksanakan tahun depan. Dia bilang, saat ini pihaknya sedang menunggu verifikasi dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk mekanisme kartu subsidi listrik tersebut

"Sekarang kita sedang nunggu verifikasi TNP2K, dan sudah dibahas di sidang kabinet kalau seluruh subsidi melalui satu single platform," tegasnya, beberapa waktu lalu.

Subsidi listrik ini nantinya akan diberikan untuk golongan rumah tangga dengan daya 450 va-900 va. Dijelaskan Direktur PT PLN Nicke Widyawati, kebijakan bukan berarti menghapuskan subsidi listrik, namun akan disiapkan skema baru subsidi listrik agar lebih tepat sasaran.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidan Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, pengalihan subsidi listrik terhadap golongan rumah tangga dengan daya 450 va dan 900 va menjadi pelajaran bagi masyarakat agar hemat listrik.

Dengan demikian, pengalihan subsidi listrik ini juga nanti akan digantikan berupa dana langsung yang diberikan kepada masyarakat melalui kartu sakti Jokowi.

Rencana pengurangan subsidi listrik rumah tangga ini masih menunggu keputusan persetujuan DPR. Jika disetujui, maka pengurangan akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links