View Single Post
Old 28th June 2015, 08:47 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Yuk, Manfaatkan THR dengan Bijak!

Quote:
JAKARTA - Lebaran hampir tiba, artinya kantong Anda akan menebal dengan kedatangan Tunjangan Hari Raya (THR). Tapi mungkin tidak untuk jangka waktu yang lama. Seringkali penambahan pendapatan THR hanya numpang lewat saja di rekening atau kantong kita. Mengapa? Karena kala Ramadan, biasanya pengeluaran menjadi lebih besar ketimbang bulan lainnya.

Bahkan tak jarang beberapa orang menghabiskan tabungan, menggesek kartu kredit, atau mencari pinjaman untuk keperluan mudik, baju baru, hadiah, serta amplop untuk keponakan yang lucu-lucu. Kalau Anda tak mau uang THR hanya numpang lewat, cobalah menggunakannya dengan bijak seperti penjelasan berikut ini.

1. Memilih Kewajiban dan Keinginan

Hal yang pertama bisa Anda lakukan adalah memilih mana yang menjadi kebutuhan dan kewajiban atau mana yang menjadi keinginan. Beli baju baru bisa menjadi kebutuhan. Tapi kalau Anda membeli baju baru dengan merek ternama dan mewah serta harga selangit yang di luar kemampuan, itu berarti keinginan. Selain menahan rasa lapar fisik, Anda juga harus bisa mengendalikan 'lapar mata'.

2. Bayar Utang Anda

Punya utang di masa lalu yang cukup membebani? Kalau begitu, kini saatnya Anda mengurangi beban tersebut. Alih-alih menggunakan kartu kredit untuk membeli sepatu dan baju lebaran yang mahal, lebih baik tahan keinginan itu dan bayar utang Anda dalam yang jumlahnya cukup besar. Ini penting untuk menghindari bunga berbunga dan mengurangi beban Anda di masa datang.

3. Berinvestasilah!

Mulailah membuat perencanaan pengeluaran. Dari anggaran mudik hingga jumlah uang yang mesti disedekahkan. Dan pastikan masih ada sisa dari pengeluaran tersebut. Sisa dari pengeluaran tersebut bisa Anda gunakan untuk tabungan atau berinvestasi. Apalagi kini ada banyak instrumen investasi yang memberikan keuntungan lumayan. Bahkan walaupun Anda hanya memiliki sedikit uang di dompet. Reksadana salah satu contohnya. Mau yang lebih konvensional dan aman? Anda bisa mencoba menginvestasikan ke logam mulia.

4. Save for a Rainy Day

Pasti sangat menggoda untuk memanjakan diri saat kocek Anda sedang tebal. Membeli paket liburan di pantai yang indah atau TV layar datar dengan teknologi terbaru di dinding rumah mungkin bisa memberi kesenangan tersendiri . Sah-sah saja untuk menikmati hidup, tapi apakah diperlukan saat ini juga, mengingat di saat hari raya semua kebutuhan liburan baik tiket maupun hotel sedang meroket?

Bagaimana jika Anda menyimpan uang tersebut untuk saat yang lain di mana budget liburan bisa jauh lebih murah dan lebih menyenangkan. Pastikan, Anda menyisihkan uang untuk sebuah liburan keluarga yang menyenangkan di waktu yang tepat. Setelah bersusah payah merencanakan dan mengatur keuangan dengan bijak, bolehlah Anda menikmati sedikit kemewahan di saat yang tepat.

Langkah-langkah tersebut adalah alternatif yang bisa menyelamatkan keuangan Anda. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, bukan? Selamat berhari raya!

Berita ini pertama kali ditayangkan :
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links