View Single Post
Old 28th June 2015, 08:53 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kisah Miliarder, Bos Foxconn yang Sukses Bermodal Pinjaman dari Sang Ibu

Quote:
JAKARTA – Perusahaan pembuat komponen elektronik multinasional terbesar asal Taiwan, Hon Hai Precision Industry Co Ltd atau yang lebih dikenal dengan Foxconn, didirikan pada tahun 1974 di sebuah kota pinggiran Taiwan.

Pendirinya, Terry Gou, yang lahir di Banqio, Taipei pada 8 Oktober 1950 ini mendirikan Foxconn dengan hanya bermodalkan pinjaman uang sebesar USD7.500 dari Ibundanya.

Pada saat itu, perusahaan tersebut hanya menerima pesanan pembuatan bagian plastik untuk sepaket televisi bertempat di gudang sewaan di Tucheng, pinggiran Taipei. Demikian dilansir dari Manufacturingglobal.

Titik balik Terry terjadi pada 1980 saat dia menerima pesanan dari Atari untuk membuat konektor untuk konsol joystick. Kemudian, dia memperluas bisnisnya pada 1980 dengan memulai perjalanan selama 11 bulan di Amerika Serikat (AS) untuk mencari pelanggan. Sebagai seorang salesman yang agresif, dia akhirnya menerima pesanan tambahan dari usahanya tersebut.

Gou menikah dengan seorang aktris asal Taipei bernama Serena Lin dan mempunyai dua orang anak. Namun sayang, pada 2005 Serena Lin meninggal akibat kanker payudara. Tiga tahun kemudian, 2008, dia kembali menikah dengan seorang wanita yang 24 tahun lebih muda usianya bernama Delia Tseng, seorang koreografer dan juga dikaruniai dua orang anak.

Kini, Foxconn telah menjadi mitra yang paling diandalkan untuk kerjasama desain, kerjasama pengembangan, manufaktur, perakitan dan layanan purna jual untuk komputer.

Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyak perusahaan besar internasional yang melimpahkan kepercayaan untuk merakit komponen produk elektroniknya kepada Foxconn, seperti Apple, Dell, Sony, IBM, Amazon dan Nokia. Demikian dilansir dari laman resmi Foxconn, Minggu (28/6/2015).

Baru-baru ini, Gou melalui sebuah pernyataan, merencanakan akan membuat perusahaannya menjadi sebagian pasukan robot. Otomatisasi tersebut diperkirakan akan mencapai 30 persen dari lini pekerjaan perusahaan selama lima tahun mendatang. Demikian dilansir dari CIO.

Kendati demikian, dia mengakui tidak akan mengurangi para pekerja manusianya. Pasalnya, permintaan dunia akan elektronik semakin berkembang, dan Foxconn akan bergerak ke daerah-daerah bisnis seperti mobil pintar dan pusat data dan tentunya ingin memperluas perusahaan berbasis manufaktur ke India dan Asia Tenggara.

Terry yang terkenal low profile ini, kini telah meraup kekayaan hingga USD7 miliar, telah didapuk sebagai pengusaha Taiwan terkaya nomor empat versi Forbes.

Terry juga memiliki amal sendiri bernama Yonglin Foundation ini, sempat dipuji oleh CEO Apple, Tim Cook yang mengatakan “Dia adalah pemimpin yang kuat dan hasrat untuk selalu unggul,"katanya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links