View Single Post
Old 29th June 2015, 08:39 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bagaimana Cara Atur Keuangan untuk Pria Beristri Dua?

Quote:
SAYA Kurniawan, usia 34 tahun. Saat ini saya sudah memiliki istri di kampung halaman. Namun dalam beberapa beberapa bulan ke depan saya berencana mempersunting istri baru di Jakarta, untuk informasi saya tengah merantau dari Batam ke Jakarta.

Saya ingin bertanya, bagaimana cara mengatur keuangan agar tepat untuk dua keluarga ini, apakah saya harus mengirim uang per bulan atau dua bulan sekali? Lantas berapa porsi yang tepat untuk tiap keluarga, mengingat biaya hidup di Jakarta lebih berat? Selain itu, investasi apa yang tepat untuk saya ikuti, yang bisa saya ambil seawktu-waktu, apakah emas pilihan yang tepat?

Terima kasih.



Fakhri Kurniawan



Jakarta







Jawab :



Dear pak Fakhri Kurniawan,

Memiliki istri ataupun keluarga lebih dari satu memang membawa konsekuensi kita harus lebih cermat lagi dalam mengatur keuangan rumah tangga, karena setiap istri memiliki hak yang sama untuk dinafkahi. Jangan sampai karena sudah ada yang baru, maka yang lama kemudian dilupakan.

Untuk bisa mengatur keuangan keluarga dengan lebih cermat, akan lebih baik Anda bisa memetakan sebenarnya pengeluaran keluarga Anda berapa sih? Baik itu keluarga Anda yang ada di Batam maupun Anda sekarang yang ada di Jakarta saat ini ? Dan perkiraannya ketika Anda sudah menikah lagi nanti, pengeluarannya akan menjadi berapa? Dengan demikian kita bisa menghitung dengan lebih cermat pembagiannya juga.

Berapa persen porsi yang diberikan untuk tiap keluarga baik yang dikampung maupun di Jakarta, tentunya akan tergantung dari banyak hal. Meskipun statusnya tinggal di daerah, Batam juga dikenal sebagai daerah yang harga kebutuhan hidupnya cukup tinggi, sehingga mungkin tidak akan berbeda jauh dibandingkan Jakarta.

Apalagi bila Anda yang di daerah juga sudah memiliki anak, maka tentu kebutuhannya juga akan semakin banyak juga bukan? Dan bila dibandingkan dengan kebutuhan Anda yang akan menikah lagi di Jakarta nantinya, bukan tidak mungkin bila kemudian kebutuhan di sana justru lebih besar daripada kebutuhan Anda di Jakarta.

Dan karena pastinya Anda akan mengirimkan dana ke keluarga di daerah, saran saya adalah Anda mengirimkannya tiap bulan sekali. Karena kebutuhan seperti sekolah, biaya-biaya serta cicilan-cicilan utang pasti ditagihkannya tiap bulan sekali. Kecuali Anda dapat mengirimkan dananya dalam jumlah yang dua kali lebih besar dari kebutuhan tiap bulannya, maka boleh saja Anda mengirimkannya tiap dua bulan sekali.

Instrumen investasi yang cocok bagi Anda tentunya disesuaikan dengan tujuan dari keuangan Anda sendiri serta kapan perkiraan dana tersebut akan Anda gunakan. Ada banyak ragam dan macam investasi, namun bila Anda mencari yang bisa sewaktu-waktu dapat diuangkan, maka logam mulia bisa menjadi pilihan yang tepat juga. Namun yang perlu Anda ingat adalah apabila berinvestasi di logam mulia maka kita harus menyimpan produk ini untuk jangka waktu beberapa lama agar pertumbuhan nilainya bisa benar-benar maksimal, paling tidak selama dua atau tiga tahun minimal.

Salam,


Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi

Perencanaan Keuangan , Konsultasi Keuangan , Financial Planner

Website. www.mre.co.id, Portal/Artikel. Perencanaan Keuangan

Game Edukasi Perencanaan Keuangan. SMART Money Game
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links