View Single Post
Old 30th June 2015, 08:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Efektivitas Pita Kejut di Tol Cipali Tergantung Pengemudi

Quote:
JAKARTA - Banyaknya kecelakaan di jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), membuat pemerintah cemas. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) akan memasang pita kejut di tol terpanjang di Indonesia itu.

Pengamat Transportasi Darat Djoko Setijowarno mengatakan, pemasangan pita kejut tersebut dipasang di daerah yang memiliki potensi pada kecelakaan.

"Efektif atau tidaknya pemasangan pita kejut di jalan tol Cipali tergantung dari pengendara," ujar Djoko, saat dihubungi Okezone, Selasa (30/6/2015).

Walaupun pemerintah akan memasang pita kejut, Djoko melanjutkan, tapi jika pengendara merasa mengantuk, obatnya adalah tidur.

"Jangan memaksakan diri. Kalau ngantuk ya tidur," ucapnya.

Dengan adanya pemasangan pita kejut, Djoko menambahkan, pemerintah akan membutuhkan anggaran.

"Tidak apa-apa membutuhkan anggaran, yang penting demi keselamatan. Keselamatan mudik itu harus diprioritaskan dibandingkan dengan kenyamanan," ungkapnya.

Sekadar diketahui, pita kejut berupa bagian jalan yang sengaja dibuat tidak rata. Caranya dengan menempatkan pita-pita dengan ketebalan tertentu yang melintang di jalan pada jarak yang berdekatan.

Saat dilintasi pengendara, kendaraan akan bergetar dan diharapkan efek getaran tersebut membuat pengendara meningkatkan kewaspadaannya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links