View Single Post
Old 30th June 2015, 09:08 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Nafsu Makan » Tidur yang cukup sangat penting untuk menunjang aktivitas selama berpuasa. Sayangnya, banyak orang yang tidak bisa menyiasati berkurangnya waktu tidur selama bulan ramadhan. Akibatnya kesehatan tubuh pun menjadi taruhannya. Idealnya manusia dewasa membutuhkan 6-8jam waktu tidur, Namun bulan ramadhan bisa membuat orang mengurangi jatah tidur karena harus bangun dini hari untuk menjalankan sahur.

Tetapi menurut Andreas Prasadja dokter spesialis kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran dampak tersebut seharusnya bisa diatasi jika anda bisa mengatur waktu tidur dengan baik.

Dibawah ini beberapa efek-efek kurang tidur selama bulan ramdhan :
  • Risiko kesehatan » Saat tubuh kurang tidur, tubuh akan rentan diserang oleh virus-virus penyakit misalnya flu. Kurang tidur juga mengakibatkan nafsu makan semakin tinggi sehingga pada saat buka puasa orang mengambil makanan yang berlebihan. Mengurangi nafsu makan
    “ini juga dapat meningkatkan gula darah yang berfotensi diabetes, risiko jantung juga merupakan penyakit yang sering ditemui saat kita kekurangan asupan tidur” ujar Andreas kepada CNN Indonesia.
  • Risiko keselamatan » “Berkendara dalam keadaan kurang tidur sama bahayanya dengan berkendara saat dalam kondisi mabuk,” Efek kurang tidur dapat mengurangi kemampuan konstrasi dalam berkendara. Kurangnya asupan tidur dapat membahayakan keselamatan Anda.
  • Risiko performa kerja » Manusia modern pada umumnya menginginkan waktu tidur yang seminimal mungkin karena kesibukan mereka yang sangat padat. Namun sayangnya, Ade mengatakan jika Anda kurang tidur performa kerja Anda pun akan menurun. Produktivitas, kreativitas, dan inovasi dalam bekerja bisa terganggu jika Anda tak mencukupi waktu tidur.
Baca juga : Mengurangi Nafsu Makan
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links