View Single Post
Old 1st July 2015, 09:25 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mencermati Inflasi Seiring Puasa & Tahun Ajaran Baru

Quote:
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan besaran angka inflasi Juni hari ini. Inflasi Juni, diperkirakan cukup tinggi lantaran bersamaan dengan tahun ajaran baru dan awal puasa.
Meski akan melonjak, namun BPS meyakini inflasi Juni berada di bawah 1 persen. Hal tersebut diyakininya karena pasokan beras cukup aman saat ini. Terlebih lagi, pada Juli dan Agustus kemungkinan akan ada puncak panen kedua.

Senada dengan BPS Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo memprediksi inflasi pada Juni akan berada di kisaran 0,66 persen. Angka tersebut didapatkan dari hasil survei bulanan yang dilakukan pihak BI.

Menurut Agus Marto, berdasarkan hasil surveinya pada minggu kedua Juni diperoleh angka inflasi sebesar 0,44 persen. Sementara itu, pada minggu ketiga meningkat menjadi 0,5 persen. Menurutnya, masih ada tekanan di volatile food, seperti Komoditi daging ayam dan telur ayam ras, bawang merah, cabai merah, dan beras.

Meski demikian, sektor pendidikan juga tidak dapat dianggap remeh. Data menunjukkan, setiap memulai tahun ajaran baru, maka inflasi akan bergerak cukup tinggi. Tahun lalu, andil sektor pendidikan pada inflasi mencapai 1,85 persen dari total inflasi tahun kalender sebesar 3,42 persen.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links