View Single Post
Old 1st July 2015, 09:26 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kecanduan Utang, Solusinya adalah Menabung!

Quote:
JAKARTA - Berutang menjadi salah satu jalan keluar yang diambil ketika seseorang dalam keadaan kepepet masalah keuangan. Tak masalah jika utang tersebut bisa membantu masalah keuangan Anda.
Bahayanya, jika orang berutang namun tidak memiliki pemasukan. Sehingga tidak bisa mengembalikan utang tersebut. Apalagi kalau Anda sampai masuk dalam tingkat'kecanduan utang.

Pendiri Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini Sutikno memberikan solusi bagi Anda yang ingin keluar dari kebiasaan berutang. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencoba menabung.

Ketika Anda menasehati si pengutang yang memiliki kebiasaan belanja untuk berhenti belanja, nasehat Anda akan basi. Tidak akan mempan, jadi sebaiknya Anda menyarankan si tukang utang untuk mulai menabung.

"Harus menabung, harus punya tujuan buat menabung, kalau nasehat jangan belanja pasti enggak laku," jelasnya kepada Okezone, belum lama ini.

Dia menuturkan, sebuah studi menunjukkan kaitan antara orang yang suka menabung dengan tingkat konsumsinya. Orang yang gemar menabung memiliki sikap yang lebih bersahaja.

"Orang yang paling sering nabung efek psikologisnya tingkat konsumsi berkurang, orangnya lebih bersahaja, sayang-sayang sama uang," kata dia.

Untuk itu, Mike menyarankan orang yang ingin memperbaiki kebiasaan utangnya, harus dibiasakan menabung. Kalaupun ingin belanja, arahkan pada hal-hal yang memiliki nilai investasi, supaya konsumsi tersebut tidak sia-sia.

"Kalau mau belanja boleh tapi diarahkan misalnya beli emas, jadi dia harus dikasih ke saksian dulu kalau nabung itu enak jadi punya uang, nanti makin lama sensitifitasnya akan meningkat," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links