View Single Post
Old 5th July 2015, 08:18 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ingin Cairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan, Berikut Tipsnya

Quote:
JAKARTA - Para peserta Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan merasa keberatan akan aturan baru yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut. Pasalnya, dana tersebut baru dapat cair setelah peserta bekerja selama 10 tahun.
Penelusuran Okezone, ada beberapa persyaratan yang harus dilalui sebelum dana JHT sampai di tangan. Dana JHT, baru bisa dicarikan setelah kepesertaan selama 10 tahun. Namun, dana yang dicairkan hanya sebesar 10 persen atau 30 persen untuk pembiayaan perumahan.

Jika Anda sudah melewati kepesertaan 10 tahun, Anda bisa mengajukan pencairan dana di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di semua wilayah. Hanya saja, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan.

Anda harus mengisi formulir JHT dengan turut menyertakan Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang asli, Kartu Identitas diri KTP/SIM (fotokopi), Surat keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan atau Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial dan Kartu Keluarga.

Kemudian untuk pencairan dana JHT, bagi yang mengalami cacat total, maka harus dilengkapi dengan surat keterangan dokter. Sementara untuk pencairan dana bagi mereka yang sudah meninggal dunia sebelum usia 55 tahun, harus menambahkan surat keterangan kematian dari rumah sakit atau kepolisian.

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Abdul Cholik, menjamin jika semua persyaratan telah terpenuhi. Maka dibutuhkan waktu 20-30 menit untuk pencairan anggaran tersebut.

Padahal, banyak dari peserta BPJS Ketenaga kerejaan yang mengeluhkan persyaratan yang harus menyertakan surat keterangan berhenti kerja. Pasalnya bagi peserta yang sudah pindah ataupun tidak bekerja sudah cukup lama sangat sulit untuk mendapatkan surat tersebut.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links