View Single Post
Old 5th July 2015, 08:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lima Kesalahan Menggunakan Kartu Kredit

Quote:
Kartu kredit bisa menjadi hal yang sangat membantu keuangan Anda. Namun bisa pula menjadi sumber masalah keuangan yang serius. Nah, agar terhindar dari masalah keuangan yang serius, sebaiknya Anda menyimak lima kesalahan terbesar dalam penggunaan kartu kredit berikut ini:

1. Hanya membayar tagihan minimal

Membayar tagihan minimum kartu kredit hanya akan menambah bunga tinggi, yaitu sampai 30-50 persen per tahun. Tidak hanya itu. Semakin tinggi pemakaian kartu kredit, bertambah besar juga dampak negatif yang mungkin ada pada skor kredit Anda. Selalu berusaha untuk membayar lebih dari pembayaran minimum (disarankan membayar setidaknya dua kali lipat dari jumlah tagihan minimum).

2. Tergiur pada setiap diskon atau rewards yang ditawarkan

Anda mungkin mendapatkan tawaran diskon dari beberapa merchant jika mengajukan kartu kredit. Dan diskon tersebut tampak menggiurkan pada saat itu, namun sebenarnya bunga yang dibebankan sangat tinggi.

Sebelum menggunakan kartu kredit untuk diskon besar tersebut, sebaiknya tanyakan kepada diri Anda dahulu, mengapa dan kapan akan menggunakannya. Menggesek kartu kredit hanya untuk meningkatkan poin rewards bukanlah taktis yang bagus. Malah, bisa saja, poin dan diskon yang Anda terima tidak sebanding dengan suku bunga yang diterapkan.

3. Mengabaikan Tagihan Anda

Entah karena kemalasan ataupun rasa takut, mengabaikan tagihan kartu kredit bisa membuat Anda jatuh ke dalam masalah utang yang serius. Tagihan Anda merupakan gambaran dari kebiasaan kredit selama beberapa bulan.

Memeriksanya bisa membantu Anda mengidentifikasikan kondisi utang, apakah baik atau buruk dan bisa memperhatikan apakah ada kesalahan dalam jumlah tagihan.

4. Memiliki Banyak Kartu Kredit

Semakin banyak kartu kredit yang dimiliki, semakin sulit untuk Anda mengontrol pengeluaran masing-masing kartu kredit. Dalam pelunasan kartu kredit pun Anda akan direpotkan.

Karena perlu mengingat tanggal pelunasan masing-masing kartu agar tidak terlambat bayar. Beberapa financial planner menyarankan untuk memiliki maksimal tiga kartu kredit saja.

5. Menggunakannya Sebagai Debit Card

Hindarilah mengambil dan menggunakan dana tunai melalui kartu kredit karena hal ini dapat membuat Anda dikenakan bunga yang sangat tinggi: sekira 2-6 persen sekali penarikan tunai. Dan langsung dihitung mulai dari hari pertama Anda mengambil dana tersebut.
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links