View Single Post
Old 6th July 2015, 09:40 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Tips Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tips Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tips Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak » Sebagian dari orang tua kadang stress kehabisan ide saat menghadapi masa-masa anak susah makan. Terutama bagi para ibu, pastinya harus memiliki ketenangan dan kesabaran lebih. Sebab, jika dipaksakan, anak justru akan semakin menolak.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University, New York, Amerika Serikat, menhasilkan kesimpulan bahwa warna makanan yang terang dan bervarian bisa menggugah selera.
Penelitian yang dilakukan kepada 23 anak dan 46 orangtua sebagai responden ini dilakukan dengan cara memperlihatkan 48 foto makanan dengan ragam warna dan bentuk. Hasilnya, anak-anak lebih memilih makanan warna-warni dan disajikan dalam bentuk yang lucu serta menarik perhatian. Sementara itu, para orangtua memilih makanan yang tipikal dan kurang menarik.
Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa anak menyukai makanan dengan enam warna, sedangkan orangtua hanya tiga warna. Kemudian, menu daging yang ditempatkan pada bagian depan piring, ditemukan dapat meningkatkan nafsu makan anak. Terlebih jika menu makanan ditata dengan penyajian yang kreatif secara visual. “Selain warna, anak-anak juga suka dengan sajian yang didesain menyerupai senyuman dan hati,” ujar Brian Wansink (ketua penelitian Cornell University, New York, Amerika Serikat).
Obat Penambah Nafsu Makan
Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba para orang tua agar nafsu makan anak. Pertama, dengan masakan yang berbumbu, ibu bisa mecoba memasak aneka makanan dengan berbumbu dengan aneka rasa, sehingga memperkaya rasa makanan.
Selanjutnya, berikan anak makanan bernutrisi tinggi, karena makanan dengantinggi nutrisi dapat merangsang nafsu makan pada anak-anak. Selain itu, makanan bernutrisi tinggi mengandung vitamin dan mineral.
Berikutnya, adalah perhatikan Gizi, Suplemen dan Vitamin pada menu makan anak. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anak-anak. Anak-anak mengalami stres atau penyakit kronis sering menderita gangguan penyerapan vitamin. Oleh karenanya, disamping warna dan bentuk makanan, nafsu makan anak dapat ditingkatkan dengan cara rutin memberi suplemen. Suplemen penambah nafsu makan anak yang mengandung vitamin A, D, dan E yang dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh. Selain itu, pastikan juga suplemen yang dipilih tidak mengandung bahan pewarna buatan dan bebas alkohol.
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links