View Single Post
Old 6th July 2015, 09:43 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Manfaat Pakkat Lalapan Bisa Penambah Nafsu Makan

Manfaat Pakkat Lalapan Bisa Penambah Nafsu Makan

Manfaat Pakkat Lalapan Bisa Penambah Nafsu Makan » Pakkat mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan Kota Medan maupun di rumah makan. Seperti di Simpang Aksara, Jalan Suka Ramai, Jalan Denai, bawah tol dan di beberapa titik lokasi lainnya. Wisatawan luar kota atau luar negeri bisa dibuat pangling ketika pertama kali tahu pucuk rotan ternyata bisa dimakan. Tekstur pucuk memang lembut dan mudah dikunyah. Rasa pahit, layaknya lalapan pada umumnya dirasa pas di lidah dan menambah selera makan.

Uniknya, pakkat tidak membuat bau mulut atau membuat lidah kelat, seperti saat melahap lalapan jengkol, petai, dan daun pepaya. Lalapan satu ini dikenal menu kegemaran warga suku Batak Angkola dan Mandailing. Tapi kini popularitasnya sudah berkembang pesat, semua suku di Sumatera Utara mau mencoba dan ikut menyukainya.
Seorang penjual pakkat, Adin mengaku memiliki pelanggan bukan hanya dari kalangan batak dan mandailing, tapi juga jawa dan minangkabau. Menurutnya, semua suku sudah menggemari lalapan ini. Disinggung jenis rotan yang bisa menjadi lalapan memiliki ciri apa? Adin pun menjelaskan tidak sembarangan pucuk rotan bisa dimakan. Biasanya, pucuk rotan yang diambil harus yang muda.
Obat Penambah Nafsu Makan
Batang-batang rotan muda ini tidak mudah untuk didapatkan. Jauh-jauh hari sebelum Bulan Ramadan, para penjual harus sudah memesan pucuk rotan muda dari Tapanuli Selatan. “Saya bisa menjual 300 hingga 500 pucuk rotan setiap harinya selama Bulan Puasa,” kata Adin.
Ia menambahkan, untuk mengolah pucuk rotan agar bisa dimakan, pakkat harus dibakar sampai luarnya menghitam dan isinya melembut. Kemudian, isi dalam bambu tersebut dikeluarkan. “Isinya berwarna putih beras dan sudah bisa langsung dilahap bersama kecap asin atau dicampur bawang,” jelasnya.
Marwan Hasibuan, penikmat pakkat, menuturkan biasanya ia makan pucuk rotan untuk lalapan bersama sambal bawang. “Pucuk rotan biasa saya makan bersama nasi untuk menambah kenikmatan dan nafsu makan saat sahur dan buka puasa, karena penjual pakkat juga adanya cuman bulan puasa, ”
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links