View Single Post
Old 8th July 2015, 08:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mau Buka Usaha tapi Minim Modal? Lakukan Ini

Quote:
JAKARTA - Mendirikan sebuah usaha tentu membutuhkan modal yang memadai. Terlebih bila usaha tersebut, membutuhkan permodalan yang besar.
Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, ketika seseorang berkeinginan membuka usaha harus mempertimbangkan modal yang dimilikinya. Sehingga, tidak memiliki kesulitan dalam membuka usaha.

"Sebetulnya kalau ada orang yang seperti itu, maka sesuaikan dengan kemampuan kita," ujar Andy kepada Okezone di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Andy menyarankan, bagi calon wirausahawan yang memang bertekad untuk membuka usaha besar di tengah keterbatasan modal. Maka, dapat mencari alternatif untuk menambah permodalan salah satunya dengan meminjam kepada orang terdekat.

"Cari pinjaman ke orang terdekat, ke pihak istri, mertua,orangtua maupun teman. Karena akan lebih mudah dalam proses pengembalian dapat menjadi tidak ada bunga, apalagi jika usaha tidak berjalan lancar," ungkap dia.

Sementara itu, selain mencari pinjaman dari orang terdekat, calon wirausahawan juga dapat mengajak kerabat dekat untuk menanamkan modal pada usahanya, dengan melakukan kongsi sebagai pemilik bersama usaha tersebut.

"Sama-sama jadi pemilik, pengembang hasilnya. Jadi selama usaha itu terus berjalan maka kita tetap berikan bagian kepada si pencair modal itu," katanya.

Sedangkan alternatif terakhir yang mungkin harus dipertimbangkan secara matang yakni dengan mencari pinjaman ke pihak perbankan. Mengingat langkah ini terbilang penuh risiko lantaran terdapat bunga pada pengembalian pinjaman.

"Cara berikutnya dengan meminjam ke bank berarti Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau mungkin bank usaha yang menerima kredit makro seperti itu," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links