View Single Post
Old 9th July 2015, 04:54 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menko Sofyan: Indonesia Tetap Perlu Utang

Quote:
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, Indonesia tetap memerlukan utang dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi dengan melakukan pembangunan-pembangunan infrastruktur penunjang perekonomian.

Padahal, terus melakukan utang juga tidak baik, meskipun sampai saat ini posisi utang Indonesia terhadap GDP masih rendah dengan 26 persen, berbeda dengan Yunani yang belakangan ini bangkrut lantaran utannya 200 persen terhadap GDP.

"Kita akan tetap perlu utang. karena untuk infrastruktur itu kita membutuhkan dana sekitar Rp5.500 triliun, untuk infrastruktur dalam lima tahun," kata Sofyan di Kantor Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Sofyan menyebutkan, dari total kebutuhan dana infrastruktur, pemerintah disinyalir hanya bisa menyediakan sebesar 40 persen dari total yang sebesar Rp5.500 triliun. Dan dari 40 persen pun ada bantuan dari utang.

"Utang itu sangat murah dari multilateral, misalnya ADB. Itu bunganya 1-2 persen, untuk 30 sampai 40 tahun," tambahnya.

Sofyan mengungkapkan, sampai saat ini Indonesia lebih banyak membayar utang dibandingkan dengan melakukan pengajuan utang baru. Total infrastruktur tahun ini, kata Sofyan, sekira Rp400 triliun dan itu berasal dari utang pemerintah saja belum termasuk dari BUMN, swasta dan juga private.

"Karena apa, utang consentionery itu hanya diberikan kepada negara yg tingkat pendapatan tertentu. kalau pendapatan kita sudah 6000 gak dapat lagi utang murah. oleh karena itu akan kita gunakan," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links