View Single Post
Old 9th July 2015, 03:55 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default OJK Bisa Lakukan Pembelian Utang Negara Tanpa Perantara

Quote:
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah dapat mengajukan penawaran pembelian Surat Utang Negara (SUN) tanpa perantara. Hal ini dikarenakan adanya revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 118/PMK.08/2015.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Robert Pakpahan mengatakan, dalam peraturan sebelumnya, pihak selain Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Pemerintah Daerah yang ingin mengajukan penawaran pembelian SUN, wajib melalui dealer utama. Sehinga, tidak dapat mengajukannya secara langsung ke Kementerian Keuangan.

"OJK kan terima iuran tetap maka dananya numpuk dan SBN (Surat Berharga Negara) adalah salah satu tujuan mereka. OJK kan institusi besar jadi enggak usah diragukan lagi," ujar Robert di kantornya, Kamis (9/7/2015).

Untuk pihak selain BI, OJK dan LPS, lanjut Robert, harus mengajukan penawaran pembelian SUN pada dealer utama. Sehingga, dealer tersebut yang menilai kredibilitas para pengaju penawaran tersebut.

"Dealer utama kita ada 19, mereka yang menilai kredibel atau enggak potensinya," jelas dia.

Tidak hanya itu, perubahan lainnya yang terdapat pada aturan baru tersebut mengenai penggunaan valuta asing (valas) dalam transaksi SUN di pasar perdana domestik dengan cara private placement atau selain lelang. Dalam PMK yang baru, transaksi tersebut dapat dilakukan dalam mata uang Rupiah dan juga valas.

"Selain itu, batasan minimal untuk SUN yang pakai mata uang Rupiah minimal Rp300 miliar dan valas minimal USD50 juta atau ekuivalen dengan uang asing lain," tandas Robert.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links