View Single Post
Old 10th July 2015, 08:12 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Harga Ikan Stabil, Daya Beli Masyarakat Malah Turun

Quote:
SERANG - Pada umumnya, harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan di berbagai daerah. Hal yang sama biasanya juga dialami terhadap harga ikan.

Direktur Pemasaran Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Muhammad Zaini mengatakan, harga ikan di pasaran jelang Lebaran relatif stabil.

"Dari pantauan kita, harga ikan relatif stabil. Stok aman, siap," ucapnya saat ditemui di Serang, Banten, Kamis (9/7/2015).

Kendati demikian, yang saat ini menjadi permasalahan adalah daya beli masyarakat yang menurun di saat harga ikan relatif stabil. Padahal, stok ikan dapat dikatakan melimpah dan bagus. Bahkan, olahan ikan segar ikan beku pun siap untuk dipasarkan.

Hal tersebut, dikatakannya, menyebabkan omzet penjual ikan pengolahan mengalami penurunan sekira 20-30 persen dibanding tahun lalu.

Disinyalir, lanjut Zaini, daya beli masyarakat yang menurun dan juga bersamaan dengan tahun ajaran baru.

"Jadi ajaran baru sangat berpengaruh. Kalau di kampung-kampung ya mereka lebih bagus kurangin beli ikan daripada tidak menyekolahkan anak. Saya kira itu faktor utamanya," jelas dia.

Dari hasil pantauan yang dilakukan pihaknya melalui Safari Ramadan, terdapat beberapa di daerah di Pulau Jawa yang mengalami penurunan penjualan.

"Jawa barat, Semarang, Pati, Demak, Parung Muara Angke Depok Surabaya, hampir semua. Jadi, dari data-data yang diperoleh di lapangan dari produsen baik pengolahan modern maupun pengolahan tradisional mengalami penurunan jual," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links