View Single Post
Old 11th July 2015, 08:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Buruh Pertanyakan Alasan Apindo Munculkan Isu Demo di Batam

Quote:
JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mempertanyakan alasan Apindo yang menyebarkan isu demo buruh yang terjadi di Batam, Kepulauan Riau.

Apindo melapor ke Presiden Joko Widodo aksi demo yang terjadi di Batam membuat beberapa pengusaha kabur.

"Kalau alasannya karena demo buruh artinya harus dilihat penyebab apakah benar karena semata-mata demo buruh?" ungkapnya kepada Okezone di Jakarta.

Pasalnya, dia mencontohkan, galangan kapal Tanjung Uncang di Batam di demo buruh karena telat membayar upah.

"Penutupan galangan kapal bukan karena unjuk rasa, penutupan bukan karena demo tapi order berkurang, karena sepi order, buruh minta upah tetep di bayar tapi pengusaha bayar upahnya telat misal tiga bulan empat bulan, buruh jadi unjuk rasa," katanya.

Pihaknya pun mempertanyakan Apindo yang menjadikan demo sebagai alasan. "Makanya Apindo jangan asal bicara saja, jelaskan di perusahaan mana yang perilaku karyawannya membuat pengusaha jadi hengkang," tegasnya.

Bahkan penutupan pabrik Siemens sudah terjadi beberapa bulan lalu. Untuk itu, pihaknya meminta Apindo menjelaskan apa penyebab pengusaha keluar.

Terkait dengan isu demo, pihaknya menduga, Apindo ingin menyetop aksi demo buruh dan meminta perlindungan dari pihak keamanan.

"Demo kan dilindungi secara konstitusi asal prosedural, dengan demo dihentikan mereka bisa kembali eksploitasi buruh," ujarnya.

"Apindo ketika dia melihat outsourching melanggar UU dan buruh melawan dengan demo dia nyerah, maka salah satu cara harus dihentikan dengan isu ini," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links