View Single Post
Old 13th July 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Yuk, Manfaatkan KTA dengan Bijak!

Quote:
JAKARTA - Jika Anda memerlukan pinjaman uang, tapi tidak ingin mengagunkan harta benda, kredit tanpa agunan (KTA) yang ditawarkan berbagai bank bisa menjadi solusinya. Karena bebas agunan, kredit perorangan ini pun menjadi pilihan banyak orang. Alasan lain mengapa orang memilih KTA adalah proses pencairan dana yang mudah. Bahkan, ada bank yang bisa mencairkan dana dalam satu hari apabila peminjam memenuhi semua syarat yang ada.

KTA memang sangat menggiurkan karena kemudahan yang ditawarkan. Tapi ingat, utang tetapla utang, dan Anda bertanggung jawab untuk membayar cicilan per bulan. Karena itu, Anda disaran kan untuk menggunakan KTA secara bijak. Berikut beberapa tips dalam memanfaatkan KTA.

1. Membuat Perencanaan Keuangan Sebelum Menggunakan KTA

Mengambil kredit seharusnya semakin memudahkan hidup Anda, bukan malah memberatkan. Maka pertama-tama, tanyakan pada diri Anda seberapa penting harus mengambil kredit di bank? Pikirkan juga, apakah besaran cicilan KTA itu bakal memberatkan pengeluaran Anda atau tidak?

Menentukan tujuan pinjaman merupakan hal mendasar yang nantinya akan menentukan komitmen dan perencanaan Anda dalam melunasi cicilan.

2. Hindari Kredit untuk Konsumsi Belaka

Jika Anda ingin berutang tanpa terjerat, upayakan hindari kredit ke bank untuk kepentingan konsumsi belaka. Misalnya, membeli motor atau mobil baru untuk mengganti yang lama karena gengsi. Kalau itu alasannya, sebaiknya urungkan saja niat untuk mengajukan KTA.

Kecuali, kendaraan yang akanAnda beli untuk meningkatkan produktivitas bekerja agar lebih efisien dan hemat, ketimbang naik kendaraan umum. Ada baiknya, manfaatkan KTA untuk kepentingan yang mendadak dan penting saja atau tujuan produktif usaha.

3. Lunasi secepat mungkin

Dana yang ditawarkan dalam program KTA cukup bervariasi, antara Rp5-200 juta dengan jangka pengembalian maksimal 5 tahun. Namun, sebaiknya Anda memilih tenor yang cukup pendek, yaitu sekitar 2-3 tahun agar beban bunga berkurang.

Kedisplinan membayar merupakan nilai tambah bagi anda, sehingga perbankan akan lebih mudah memberi kredit di masa depan dan catatan Anda pun bersih di mata perbankan. Perlu diingat pula, bahwa maksimal besaran cicilan utang setiap bulan tidak lebih dari 30 persen pemasukan peminjam per bulan. Jangan membuat utang baru kalau misalnya utang lama masih menyita 30 persen pendapatan.

Memilih KTA yang sesuai dengan kemampuan financial juga merupakan hal yang terpenting dalam perencanaan KTA. Bandingkan suku bunga dan berbagai biaya pinjaman KTA yang ada di Indonesia disini.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links