View Single Post
Old 13th July 2015, 08:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Enam Negara yang Bakal Dominasi MEA, Termasuk Indonesia

Quote:
JAKARTA - Di tengah kondisi perekonomian Global sedang suram, negara-negara di dunia tengah menaruh harapan yang besar pada negara ASEAN. Pasalnya pada akhir tahun nanti, gong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan dibunyikan.

Melansir Business Insider, Senin (11/7/2015), akan ada enam dari 10 negara ASEAN yang akan tampil mendominasi pada saat MEA resmi diterapkan. Berikut keenam negara tersebut

Indonesia

Indonesia saat ini memang sedang dilanda perlambatan ekonomi akibat anjloknya harga komoditas. Apalagi Indonesia sangat bergantung pada komoditas dalam hal ekspor. Ditambah lagi, Rupiah terus melemah dihadapan dolar Amerika Serikat.

Namun ada beberapa hal yang menimbulkan rasa optimistis. Diantaranya pemerintah Indonesia yang fokus dalam pembangunan sektor infrastruktur, keuangan dan investasi. Serta mendorong kebijakan fiskal.



Malaysia

Tahun ini merupakan tahun yang hampir sempurna untuk Malaysia. Namun terlepas dari hal itu, Malaysia juga mengalami perlambatan ekspor yang merupakan imbas dari melemahnya harga komoditas. Pertumbuhan perdagangan juga melambat, ringgit jatuh paling besar dalam sejarah, maslah politik, hingga bencana alam.

Namun sektor infrastruktur transportasi, financial, dan konstruksi relatif optimistis. Proyeksi pertumbuhan PDB malaysia dipertahankan tumbuh 4,8 persen untuk 2015.

Filipina



Tahun ini diperkirakan menjadi tahuna pertumbuhan ekonomi yang tercepat bagi Filipina. Pasalnya daya beli masyarakat Filipina dan ekspansi kredit masih terlihat positif.

Sektor pertanian, keuangan dan jasa terlihat mempunyai peluang yang cerah. Namun sektor pertambangan terlihat menurun, tapi itu merupakan penurunan yang umum yang menimpa negara ASEAN kebanyakan. Namun, D & B masih memperkirakan pertumbuhan 6,5 persen untuk Filipina pada tahun 2015.

Singapura

Singapura yang dianggap sebagai lokomotif ekonomi dari ASEAN pertumbuhannya terus positif, dengan sektor jasa sebagai pemimpin kegiatan ekonomi.

Hampir seluruh sektor tumbuh secara positif seperti sektor jasa, konstruksi dan manufaktur. Sementara sektor pertambangan mengalami tren perlambatan. Ditengah prospek yang baik perekonomian Singapura diperkirakan tumbuha 2-4 persen.



Thailand

Pemulihan kondisi global saat ini ternyata tidak mampu mendorong ekspor Thailand. Namun Thailand telah membuktikan kekuatan dari pertumbuhan investasi karena iklim suku bunga yang rendah.

Sektor keuangan dan konstruksi meroket tinggi. Sektor pariwisata juta menjadi kekuatan untuk pendorong pertumbuhan perekonomian. Namun Bank of Thailand telah merevisi pertumbuhan PDB untuk tahun 2015 menjadi 3,0 persen turun dari 3,8 persen.

Vietnam

Pada kuartal saat ini Vietnam memang menarik perhatian bagi pelaku bisnis. Investasi Vietnam lebih tinggi dibanding negara-negara ASEAN lainnya.

Pertumbuhan bisnis yang paling positif terlihat pada sektor konstruksi dan manufaktur. Sedangkan sektor retail dan jasa tetap tumbuh sedikit.Dengan begitu, D & B memperkirakan pertumbuhan 6 persen untuk Vietnam.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links