View Single Post
Old 14th July 2015, 08:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Hati-Hati "Jebakan Batman" Diskon Lebaran

Quote:
JAKARTA Menjelang hari Raya Lebaran, hampir seluruh tempat perbelanjaan dibanjiri promo dan diskon besar-besar. Namun sudah menjadi rahasia umum, diskon yang dilakukan hanya strategi bisnis belaka dari penjual, padahal harga sudah dinaikan sebelumnya ataupun stok lama yang sudah tidak laku dijual.
Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Daryatmo memandang, jebakan diskon seperti itu merupakan hak dari para penjual. Oleh karena itu dirinya mengimbau para konsumen yang harus lebih berhati-hati.

"Itu cara produsen memanfaatkan momen lebaran ini. Konsumen yang harus kritis ketika terjadi maraknya diskon," ujar Daryatmo saat dihubungi Okezone beberapa hari yang lalu.

Hal pertama yang disarankan adalah, beli barang yang memang dibutuhkan, jangan sampai beli karena tergiur diskon. Kedua, perhatikan secara teliti produk yang ingin dibeli apakah kualitasnya masih terjaga atau tidak.

"Kalau makanan misalnya, biasanya yang diskon itu mendekati kadaluarsa. Nah itu harus di perhatikan, kalau memang tetap ingin dibeli harus dikonsumsi segera," imbuhnya.

Kemudian, untuk produk fashion, juga diperhatikan baik-baik kualitasnya. Jangan sampai menemukan kecacatan dalam produknya. Karena biasanya untuk produk fashion yang didiskon produk yang tidak laku dijual.

"Biasanya barang-barang yang didiskon karena ukurannya jarang ada yang pakai. Entah terlalu kecil atau terlalu besar. Jangan sampai karena diskon terburu-buru membelinya. Akhirnya ga muat," tukasnya.

Terakhir yang terpenting adalah kumpulkan informasi terkait produk-produk yang ingin dibeli, khususnya untuk produk branded. Sehingga konsumen bisa benar-benar tahu diskon yang didapat benar atau hanya trik belaka.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links