View Single Post
Old 15th July 2015, 08:36 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jelang Lebaran THR Kian Tiris? Begini Kelolanya

Quote:
JAKARTA - Lebaran akan tiba dalam hitungan jari. Sementara THR di tangan biasanya sudah banyak digunakan untuk keperluan menyambut Lebaran.

Kenyataaannya THR memang seringkali sudah habis sebelum seluruh kebutuhan hari raya terpenuhi. Menanggapi hal ini Executive Vice President, Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank Rian Kaslan menyarankan, perencanaan pengeluaran merupakan kunci pengelolaan uang THR. "Kita mulai dengan membuat daftar pengeluaran sesuai prioritas," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Dalam membuat daftar penggunaan THR, bisa mengacu dari pengeluaran dan kebutuhan dari tahun-tahun sebelumnya.

Namun pada dasarnya ada beberapa pos dasar yang perlu disiapkan Berikut ini daftar pos pengeluaran utama ini ada dalam daftar perencanaan THR.

1. Kewajiban zakat fitrah

Zakat fitrah merupakan pengeluaran terpenting, pastikan Anda mengalokasikan dana untuk berzakat sekitar 2,5 persen dari total harta setahun.

2. Pembayaran THR pekerja di rumah dan lingkungan sekitar

Selain menerima THR, banyak pula yang juga memiliki kewajiban memberikan THR untuk pekerja di rumah dan lingkungan sekitar, seperti asisten rumah tangga, petugas kebersihan, dan keamanan.

3. Mudik

Tradisi menjelang Idul Fitri yang dilakukan baik bagi penganut muslim dan non-muslim.

Pos pengeluaran untuk mudik dapat disiasati dengan melakukan perencanaan dari jauh hari, dengan memesan tiket dan akomodasi ketika ada penawaran khusus atau diskon dan menggunakan fasilitas pembayaran secara menyicil sehingga tidak membebani pengeluaran bulanan ataupun THR.

4. Belanja makanan dan open house

Belanja makanan meliputi belanja makanan sepanjang bulan Ramadhan, seperti acara buka bersama, dan kue lebaran serta minuman ringan yang disajikan saat open house. Alokasi anggaran terbagi dua kelompok besar yaitu untuk belanja makanan selama bulan puasa, seperti acara buka puasa, dan untuk sajian open house yang biasanya mulai mengalir di hari kedua setelah lebaran dimana sanak saudara dan rekan saling mengunjungi untuk menjalin tali silaturahmi.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links