View Single Post
Old 16th July 2015, 10:04 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Manfaat Kamboja Untuk Kaki Bengkak

Manfaat Kamboja Untuk Kaki Bengkak

Manfaat Kamboja Untuk Kaki Bengkak Bunga kamboja identik dengan tumbuhan yang ditanam di kuburan. Namun sekarng banyak perumahan elit yang memanfaatkan sebagai tanaman hias. Dibalik bunganya yang indah, ternyata bunga kamboja menyimpan banyak manfaat sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Pohon kamboja yang mempunyai nama latin Plumeria ini ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis yang bernama Charles Plumier. Dan bunga kamboja yang pohonnya mencapai 3 meter ini tak ada hubungannnya dengan negara Kamboja, karena bunga ini berasal dari Amerika Tengah.
Bunga kamboja yang daunnya bergetah ini mengandung banyak senyawa kimia antara lain asam plumerat, asam serotinat, plumierid, dan agoniadin. Senyawa kimia tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kulit pohon kamboja mengandung damar dan asam plumeria. Dan akar dan daunnya mengandung saponin, polifenol, alkaloid, dan juga fenetilalkohol. Hampir seluruh bagian pohon kamboja mengandung senyawa fulvoplumierin yang terdapat di hampir seluruh bagian tanaman ini bermanfaat untuk menghambat disentri, radang saluran pernafasan, TBC, maupun hepatitis.
4 Manfaat Pohon Kamboja :
  • Kamboja mengobati kaki bengkak Selain bunga dan daun, akar dan batang kamboja juga bisa untuk mengobati kaki bengkak dan tumit yang pecah-pecah. Caranya mudah. rebus akar dan daunnya sampai mendidih lalu tambahkan garam. Gunakan air rebusan daun, akar, dan garam tersebut untuk merendam kaki yang bengkak dua kali sehari.
Baca juga : Obat Kaki Bengkak
  • Bunga kamboja bisa dimanfaatkan untuk membuat teh Setelah dikeringkan, bunga kamboja diseduh dengan air panas. Manfaatnya antara lain tubuh menjadi lebih rileks, bisa menurunkan stres, dan bisa dipakai sebagai aroma terapi. Sedangkan jika dimakan langsung, bunga tersebut berkhasiat untuk meredakan demam, menghentikan batuk, melancarkan keluarnya air seni, mencegah pingsan, menghentikan diare, dan lainnya.
  • Kamboja untuk mengobati bisul Jika kebetulan sedang terkena bisul, silakan mencoba untuk mengobati dengan daun kamboja. Caranya panaskan daun kamboja di atas api sampai layu, lalu olesi dengan minyak zaitun. Tempelkan pada bisul dalam keadaan masih panas.
  • Bunga Kamboja untuk obat antibiotik dan Mengobati Sakit Gigi Daun kamboja banyak menyimpan getah. Getah tersebut mengandung alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid yang bisa dipakai sebagai antibiotik Tanaman ini juga disebut sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang dengan cara mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan kapas masukkan pada gigi yang sakit. Dosisnya cukup 1-2 kali saja perhari.
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links