View Single Post
Old 17th July 2015, 08:09 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default HT: Kondisi Ekonomi Menuju Lampu Merah

Quote:
JAKARTA - Perekonomian Indonesia tengah berjalan pada arah yang salah. Lesunya perekonomian tidak menunjukkan tanda-tanda adanya perbaikan.
"Keadaan ekonomi kita sedang dalam lampu kuning menuju lampu merah, kata Hary Tanosoedibjo (HT) saat berdialog dengan para jurnalis dalam dialog kebangsaan yang berlangsung di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Dia menekankan, pemerintah harus cepat dan tepat dalam mengatasi lesunya perekonomian nasional. sebab bila tidak, dampaknya akan semakin memburuk.

Dia pun mengungkapkan pengalamannya saat berkunjung ke pasar batik di Pekalongan, Jawa Tengah. Di sana dia menemukan penjualan para pedagang merosot tajam. Hal yang sama terjadi pada pusat-pusat perbelanjaan di Tanah Air. Pengunjung tak lagi seramai lebaran pada tahun-tahun sebelumnya

Menurutnya, permasalahan ekonomi saat ini berbeda dengan krisis yang pernah dihadapi Indonesia pada 1998 silam. Saat itu yang terkena dampaknya lebih banyak masyarakat menengah atas. Kini yang terkena hantaman adalah masyarakat bawah.

Kondisi tersebut semakin berat, karena saat ini Indonesia tidak punya basis perekonomian yang kuat. Menilik ke belakang, pada 1970-an Indonesia bisa bersandar pada minyak. Saat itu negara ini menjadi bagian Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

"Kini kita sudah bergeser dari berbasis produksi sekarang menjadi konsumsi. Harga komoditas seperti batu bara, kelapa sawit dan minyak turun, kata HT.

Sebagai catatan, terhitung sejak 2008 Indonesia tak lagi bergabung dalam OPEC. Kini untuk memenuhi kebutuhannya negara ini harus bergantung pada impor lebih dari 600.000 barel per hari.

Tahun 1980-an hingga 1990-an, industri manufaktur menjadi penopang ekonomi tanah air. Saat itu banyak investasi masuk ke tanah air memperkuat sektor ini. Tahun 2000 hingga 2012 Indonesia berjaya dengan komoditas yang harganya sedang tinggi.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links